WORKSHOP PENGENALAN SOFTWARE METALURGI

Diposting pada

Terkait kerjasama riset, dengan harapan penemuan para akademisi dapat di implementasikan langsung sehingga keberadaan kami dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan industri sekitar. Jurusan Teknik Metalurgi Untirta terus berupaya meningkatkan kualitasnya melalui berbagai aspek. Dibidang SDM, dari total 18 dosen ditambah 3 dosen baru merupakan lulusan S2 dan S3 dari Universitas ternama di dalam Negeri seperti UI & ITB, dan dari luar negeri seperti Tohoku University Japan, Kyushu University Japan, Tallinn University of Technology Rusia, dan Universidade de Aveiro Portugal dan National Cheng Kung University Tainan Taiwan. Saat ini beberapa dosen kami sedang menempuh studi lanjut S3 di Universitat Pilotecnica de Catalunya Barcelona dan Tokyo University serta Universitas Indonesia. Laboratorium kami terus berbenah, meskipun belum maksimal sehingga kami terus melakukan inisiasi kerjasama riset untuk membantu sarana prasarana kami yang dalam proses peningkatan dengan beberapa Industri seperti PTKS-PLTU Suralaya, Indonesia Power dan beberapa Universitas serta Lembaga riset pemerintah seperti puspiptek Lipi Serpong dan Geotek Lipi Bandung, Nano Center Serpong sehingga kredibilitas dan kualitas riset kami selalu menjadi prioritas utama, hal ini terbukti nilai H-index dosen Teknik Metalurgi merupakan H-Index tertinggi di lingkungan Untirta yang diraih oleh Dekan FT Untirta Dr. Eng A. Ali Alhamidi, ST., MT.

Ketua panitia kegiatan Dr. Erlina Yustanti, M.Si mengatakan bahwa kegiatan pengabdian pada masyarakat dosen-dosen Teknik Metalurgi ini bertujuan memberikan peningkatan soft skill melalui pelaksanaan Workshop software metalurgi bagi siswa SMK. Harapan kami, siswa SMK nantinya tidak hanya handal dan terampil secara teknik namun juga mengikuti perkembangan terkait teknologi pengolah data agar dapat melakukan analisis data lebih presisi, terkontrol dengan waktu yang lebih cepat karena menggunakan instrumen pengolah data yang update.

Kegiatan P2M ini dihadiri dan dibuka secara resmi pada Rabu, 24 Oktober 2018 bertempat di ruang Auditorium Lt 2 gedung dekanat Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (FT Untirta) oleh Dekan FT Untirta, hadir dan mendampingi Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Cilegon Drs. Khaerozi beserta guru pendamping. Kegiatan P2M ini merupakan implementasi program kerja jurusan Teknik Metalurgi tahun anggaran 2018. Total siswa yang mengikuti pelatihan ini adalah 36 siswa. Materi workshop meliputi overview dan prospek Jurusan Teknik Metalurgi saat ini yang disampaikan oleh sekretaris jurusan Teknik Metalurgi Yeni Muriani Zulaida, ST., MT, dilanjutkan workshop HSC Chemistry seri 6 oleh Suryana, ST., MT dan setelah ishoma dilanjutkan  Pengenalan Software ImageJ dalam menganalisis data hasil SEM oleh Dr. Erlina Yustanti, M.Si dilanjutkan Engineering in 4.0 Industrial Era: Challenges and Opportunities oleh Dr. Amalia Sholehah, S.Si., MT dan diakhiri dengan kunjungan peserta workshop ke laboratorium Teknik Metalurgi FT Untirta.

Ketua panitia mengucapkan terima kasih kepada Jurusan Teknik Metalurgi atas alokasi pendanaan dan support demi terselenggaranya kegiatan ini. Teriring harapan dan do’a semoga kegiatan workshop ini membawa banyak manfaat dan keberkahan untuk kita semua aamiin ya robbal ‘alamiin.