PT. Krakatau Argo Logistik dan FT Untirta Tandatangani Nota PKs

Diposting pada

Fakultas Teknik (FT) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa(Untirta) dan PT.Krakatau Argo Logistik (KAL) melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (PKs) di gedung Dekanat kampus Cilegon. (09/042020).

Prosesi penandatanganan PKs berlangsung lancar, dari pihak FT Untirta ditandatangani oleh Prof. Dr. Ing. Asep Ridwan, ST., MT., IPM selaku Dekan dan dari pihak PT. KAL oleh David Rahadian selaku Direktur Utama (Dirut), disaksikan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni Serta Kemitraan, dihadiri oleh Wakil Dekan bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset, Wakil Dekan bidang Administrasi Umum, Perencanaan, Pengelolaan Keuangan, SDM dan Fasilitas, Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha dan para Ketua Jurusan yang ada di Lingkungan FT Untirta serta seorang jajaran direksi PT. KAL.

Dirut PT. KAL pada kesempatan sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada FT Untirta karena tidak mengundur waktu pelaksanaan penandatanganan walau Indonesia, pada khususnya kota Cilegon sedang mengalami siaga pandemik corona virus desease (Covid-19), beliau menjelaskan PKs ini salah satu isinya adalah tentang program magang  / praktek kerja, program ini diharapkan bisa memberi manfaat bagi kedua belah pihak, beliau menerangkan dari pihak perusahaan / industri mendapatkan dukungan dari kaum terpelajar tekait inovasi di perusahaan dan dari pihak mahasiswa / perguruan tinggi akan mendapatkan pengalaman bekerja secara rutin di lapangan, mendapatkan pelatihan dan penelitian,  yang mana nantinya akan menghasilkan inovasi, lebih lanjut beliau menuturkan dari perusahaan mendapatkan keuntungan ekonomi secara langsung, mahasiswa / perguruan tinggi mendapatkan penelitian dan inovasi yang berbasis kepada kompetensi yang bisa diaplikasikan dalam dunia industri, akan menjadikan FT untirta menjadi lembaga riset yang kredibel karena banyak penelitian riil yang berbasis industry.

Mengenai penandatanganan PKs ini menurut Dekan FT Untirta merupakan tindak lanjut dari ditandatanganinya memoirs of understanding (MoU) antara Untirta dengan PT. Krakatau Bandar Samudra (KBS) yang mana turunannya menjadi PKs antara FT Untirta dengan anak perusahaan PT. KBS yakni PT. KAL, salah satu isi dari PKs ini yakni program magang mahasiswa/i FT Untirta, adapun program magang selama 6 bulan ini merupakan implementasi dari program kampus merdeka-merdeka belajar yang dicanangkan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan Indonesia, beliau memaparkan targetnya dalam satu tahun sebanyak 30 orang mahasiswa/i FT Untirta yang bisa mengikuti program ini, adapun sesuai yang tertulis di PKs ini, FT Untirta akan mengirimkan 10 orang mahasiswa/i nya untuk mengikuti program ini, pada akhir katanya beliau yakin dan optimis walau dalam keadaan siaga pandemic Covid-19 ini mahasiswa/i FT Untirta yang mengikuti program ini akan menyelesaikannya sampai akhir dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada di PT. KAL, beliau juga berharap mahasiswa/I yang mengikuti program magang ini bisa diterima langsung menjadi pegawai karena sudah mengetahui keadaan perusahaan, sehingga lulusan FT Untirta memiliki waktu yang cepat bisa terserap oleh dunia industri.

Senada dengan Dekan FT Untirta, Agus Pramono, ST., MT., PhD.Tech selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni Serta Kemitraan menyampaikan bahwa program magang ini merupakan program dari kemendikbud, menurutnya pengimplementasiannya adalah bagaimana membangun jaringan link and match antara industri dengan pendidikan tinggi agar terjadi sinergi, dengan program ini nantinya bisa menjembatani gap / kekosongan dalam dunia pendidikan dalam artian selama ini kita hanya belajar secara teoritik di dalam kelas dan singkat di laboratorium, secara praktek mahasiswa bisa memperoleh keilmuan di perusahaan dalam bentuk pogram magang, menurutnya juga program ini bisa membantu mahasiswa dalam mempercepat kelulusan mereka, karena dalam program magang ini ada 20 sks yang akan dikonversi menjadi muatan mata kuliah. Adapun durasi PKs yang telah ditandatangani ini selama satu tahun yang nantinya akan ada evaluasi dari kedua belah pihak.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan cindera mata dari FT Untirta ke PT.KAL berupa handsanitizer hasil produksi sivitas FT Untirta.