FT Untirta Bersama IKA FT Untirta Sepakat Lakukan Kolaborasi Tandatangani PKs

Diposting pada

Fakultas Teknik (FT) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) bersama ikatan keluarga alumni (IKA) FT Untirta sepakat lakukan kolaborasi dengan menandatangani perjanjian kerjasama (PKs). Penandatangan nota PKs dilakukan di gedung centre of excellent (CoE) kampus Cilegon.

Dari pihak FT Untirta ditandatangani oleh Prof. Dr. –Ing. Asep Ridwan, ST., MT., IPM selaku Dekan dan dari pihak IKA FT Untirta Usvizal Zainudin, ST., IPM, disaksikan oleh Agus Pramono, ST., MT., PhD.Tech selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni Serta Kemitraan FT Untirta. Setelah penandatanganan PKs acara dilanjutkan dengan pelantikan pengurus himpunan pengusaha ikatan keluarga alumni (HIPIKA) FT Untirta.

Adapun beberapa isi dari PKs ini antara lain sharing knowledge antara alumni FT dengan pihak fakultas baik dalam bentuk penandatanganan dosen tamu, kuliah umum, konsultasi, pengimplementasian program kampus merdeka dan lain sebagainya, isi selanjutnya yaitu kerjasama dalam upaya peningkatan sertifikasi kompetensi untuk para lulusan FT, sehingga setiap satu orang lulusan mempunyai minimal satu sertifikasi pendamping ijazah, dengan adanya kolaborasi IKA FT Untirta dan FT Untirta diyakini bisa mewujudkan FT yang unggul, smart dan green di Kawasan ASEAN Tahun 2030, menjadikan FT sebagai lembaga bermutu, relevan dan berdaya saing serta bisa bersinergi dengan industri, memiliki lulusan yang kompetitif dan berdaya juang tinggi, seperti yang telah dituturkan oleh Dekan. Lebih detilnya beliau menerangkan rencana teknis kedepan akan memanfaatkan IKA dan HIPIKA untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa berwirausaha dan mewujudkan program kampus merdeka yang akan mengkonversi 20 sks, 2 semester selama satu tahun untuk melakukan pelatihan, kewirausahaan  dan lain sebagainya.

Ketua IKA FT menyampaikan terima kasih kepada Dekan FT Untirta yang menyambut baik kolaborasi ini, menurutnya dengan PKs ini telah terjadi link and match, konsepnya adalah mutualisme, apa yang bisa diberikan oleh IKA kepada fakultas dan juga sebaliknya, kedepannya beliau yakin dengan adanya kolaborasi ini bisa meneruskan visi-misi lembaga dengan memprovide apa yang menjadi kebutuhan, adapun HIPIKA adanya dibawah kendali bidang entrepreneur IKA FT Untirta, jadi penanggung jawabnya adalah ketua IKA FT Untirta yang merupakan bagian yang terintegrasi, sekarang ini baru ada HIPIKA dan kedepannya nanti ada PT. LAPI FT Untirta fungsinya adalah untuk menjembatani program program yang direncanakan oleh fakultas intinya untuk saling menguatkan anatara ft dengan alumninya untuk maju kedepan lebih kuat lagi, tuturnya menambahkan.

Terkait HIPIKA dijelaskan lebih detil bahwa organisasi ini bergerak dibidang profit oriented artinya akan menggerakan organisasi, akan mengumpulkan alumni-alumni yang bergerak dibidang entrepreneur sehingga bisa dirangkul dan dipadu padakan dengan disiplin ilmunya masing masing, nantinya akan mendongkrak industri di lingkungan banten maupun nasional,harapannya nanti dimanapun berada bisa dilihat adanya alumni untirta, tutur Ketua HIPIKA Satril rasdin pasaribu, ST. HIPIKA mempunyai komitmen bukan hanya menggerakan industry maupun perusahaan perusahaan alumni saja tetapi sekaligus akan mengadopsi, merangkul para lulusan FT / alumni-alumni agar tidak terjadi pengangguran, akan menggiring alumni menjadi jiwa entrepreneur, tuturnya menambahkan.

Acara diakhiri dengan sesi Foto bersama.