FT Untirta Lakukan Rapat Kerja Dan Sinkronisasi Semester Pertama Tahun 2020

Diposting pada

Fakultas Teknik (FT) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melakukan rapat kerja (Raker) dan sinkronisasi bersama di Ballroom Hotel Ledian kota Serang Banten. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Prof. DR. –Ing. H. Asep Ridwan, ST., MT., IPM selaku Dekan, diikuti oleh para unsur pimpinan struktural Fakultas, para ketua jurusan (Kajur) dan para kepala lembaga. Setelah acara sambutan kegiatan dilanjutkan dengan persentasi capaian kinerja selama pertengahan tahun ini / semester awal tahun 2020, dimulai dengan persentasi dari kepala bagian (Kabag)  tata usaha (TU), persentasi para Kajur, persentasi para kepala lembaga dan persentasi para wakil Dekan.

Berdasarkan persentasi yang telah dipaparkan, diketahui pencapaian bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset (bidang1) selama pertengahan tahun / semester awal ini telah melakukan proses pengadaan jurusan baru, jurusan teknik informatika yang mana sudah ada pada tahapan proses di direktorat kelembagaan kementerian pendidikan, untuk publikasi nasional maupun internasional yang berupa proceeding dan jurnal telah memiliki 107 buah, 12 hak kekayaan intelektual (HAKI) yang telah didaftarkan, sitasi yang melebihi capaian yakni setiap satu orang, satu sitasi tetapi telah tercapai satu orang dua sitasi bahkan tiga sitasi, kedepannya dan dalam waktu dekat ini akan melakukan pelatihan penulisan artikel ilmiah dan pelatihan penulisan proposal hibah penilitan sehingga kemampuan menulis dosen lebih meningkat dan merata.

Pada bidang administrasi umum, perencanaan, pengelolaan keuangan, SDM dan fasilitas (bidang2) selama pertengahan tahun / semester awal ini telah melakukan program peningkatan kompetensi tenaga pendidik bergelar s3 targetnya 33% dan baru tercapai 28%, peningkatan fungsional tenaga pendidik lektor kepala (LK) baru tercapai 28% dari target 33%  dan guru besar baru tercapai 3% dari target sebesar 4% jumlah tenaga pendidik yang ada, melakukan peningkatan kesejahteraan dan kompetensi tenaga pendidik (Dosen) dan kependidikan (Tendik), adapun upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan kompetensi Tendik yakni dengan mengadakan pelatihan-pelatihan, menempatkan dengan merit system, dengan persentase Tendik yang bekerja sesuai kompetensinya telah mencapai 46%, telah melakukan pengembangan dan penataan infrastruktur penunjang kegiatan akademik dan kemahasiswaan, mengimplementasikan smart dan green salah satunya dengan mengganti lampu yang ada di lingkungan fakultas dengan menggunakan lampu LED sehingga menjadi hemat energi, menata taman dan pepohonan yang ada agar terlihat rapih dan hijau, kedepannya akan mengerjakan beberapa proyek besar seperti pembangunan kantin yang smart dan green, pembukaan akses pintu masuk, pembangunan jembatan penyebrangan umum dan lain sebagainya.

Pada bidang kemahasiswaan, pengembangan karir dan hubungan alumni serta kemitraan (bidang3) selama pertengahan tahun / semester awal ini telah mencapai beberapa capaian diantaranya telah mewujudkan mahasiswa yang berprestasi di nasional maupun internasional sebanyak 3 orang, 2 orang meraih juara ke 1 dan 1 orang meraih juara ke-3, adapun kerjasama sudah melakukan kolaborasi dengan 5 perusahaan beberapa diantaranya PT. Krakatau Bandar Samudra, PT. Krakatau Agro Logistik, selain sebagai tempat mahasiswa/I FT Untirta magang juga merupakan bentuk wujud pengimplementasian kampus merdeka, total perjanjian kerjasama (PKs) sudah 20 nota kesepahaman baik nasional maupun internasional, adapun yang belum terealisasi adalah kuliah kerja mahasiswa (KKM) Internasional.

Prosesi presentasi capaian kinerja selama pertengahan semester ini berjalan lancar dan disimak oleh Dekan, beliau menyampaikan bahwa bisa disimpulkan capaian kinerja semua bidang yang ada di lingkungan FT sudah mencapai 60%, menuturkan juga bahwa evaluasi pertengahan tahun ini sangat penting dan merupakan hal baru di FT, pada masa kepemimpinan sebelumnya belum pernah ada, adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melihat perkembangan progress dari capaian semua target-target kinerja yang telah seting pada awal tahun baik dari rencana strategis operasional 2020 maupun kontrak kinerja, lebih detil beliau menjelaskan bahwa kontrak kinerja yang diukur adalah kontrak kinerja Dekan dengan Rektor, kontrak kinerja para Kajur dengan Dekan, dengan adanya progress capaian ini kita menjadi mengetahui mana yang belum tercapai dan apa yang sudah tercapai dan yang terbaik.