Pelatihan FGA di Kampus Cilegon, FT Untirta Dipercaya Menyelenggarakan Pelatihan Tk Nasional

Diposting pada

Fakultas Teknik (FT) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dipercaya oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) untuk menyelenggarakan pelatihan tingkat nasional bertemakan fresh graduate academy (FGA) digital talent di kampus Cilegon secara online.

Pada hari ini Senin, 21/09/2020 tepat dimulainya program pelatihan FGA digital talent, para peserta yang berjumlah 19 orang disambut dan dibuka secara langsung oleh Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaeman, ST., MT melalui online, hari pertama pelatihan dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi-informasi penting kepada peserta pelatihan. Pada kesempatan sambutannya Rektor menyampaikan tantangan kompetensi pada bidang informasi teknologi (IT) ini sangat diperlukan oleh suatu bangsa, aliran arus informasi yang bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain, dari satu Negara ke negala lainnya di dunia sudah milyaran data, maka dari itu spesifikasi, security dan trasformasi data harus diperhatikan dan kebutuhan kehidupan sehari-hari yang sangat lekat dengan teknologi hal ini yang menjadi latar belakang Kemkominfo RI membuat program FGA, pada akhir katanya beliau berharap dari pelatihan ini bermunculan sumber daya manusia (SDM) muda yang mumpuni dalam bidang IT. Pada acara pembukaan turut hadir unsur pimpinan struktural fakultas seperti diantaranya Dekan yang diwakili oleh Wakil Dekan bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset, Wakil Dekan bidang Administrasi Umum, Perencanaan, Pengelolaan Keuangan, SDM dan Fasilitas, Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha (TU).

Pelatihan di kampus teknik Untirta Cilegon dikhususkan pada spesialisasi keahlian Cisco Certification Network Associate (CCNA) cyber operation, akan diselanggarakan selama 35 hari, setiap harinya 4 jam pelajaran, 2 jam belajar online dan 2 jam belajar offline, pendaftar pada awalnya berjumlah 20 orang dan yang registrasi ulang hanya 19 orang yang berasal dari lulusan berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di Indonesia, adapun instrukturnya adalah Rian Fahriza, ST., M.Eng dan Masjudin, ST., MT yang merupakan akademisi / dosen Untirta, program ini akan berakhir pada 26 Oktober 2020, serta setelah selesai pelatihan ini ada ujian bagi peserta yang lulus dan memenuhi nilai yang ditentukan akan diberikan sertifikat CCNA-nya, tutur keterangan dari Endang Suhendi, ST., M.Eng selaku Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan FGA digital talent FT Untirta – Kemkominfo RI.