Selenggarakan International Conference Di Tengah Pandemi, Teknik Elektro Adakan Via Daring

Diposting pada

Cilegon, FTUntirta- Teknik Elektro kembali adakan International Conference yang ke-2 pada hari Selasa (10/20) secara Daring melalui aplikasi Webex. Acara ini merupakan acara berkala yang diadakan setiap dua tahun sekali. Sebelumnya, acara ini diadakan pada tahun 2018 di Hotel Aston, Anyer.

Seminar international yang bertema “Data Digital Innovation Industry 4.0 Implementation” ini dinamakan International Conference on Industrial, Electrical, and Electronics (ICIEE) dan diselenggarakan secara daring dengan menggandeng ICADEIS (International Conference On Advancement in Data Science E-Learning and Information Systems) 2020 yang diselenggarakan oleh Universitas Telkom kerjasama dengan Universitas Mataram.

Pembukaan ICIEE-ICADEIS 2020 ini dilaksanakan dari pukul 8 pagi sampai pukul 12.00 dan diikuti oleh lebih dari 200 peserta. Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT selaku Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa berkesempatan memberikan sambutan. Dalam sambutannya Rektor Untirta menyampaikan bahwa walaupun pandemi sedang melanda, semangat Untirta untuk terus melakukan tridharma perguruan tinggi tidaklah padam. Penyelenggaraan ICIEE yang kedua ini merupakan buktinya, bahkan dapat menggandeng dua universitas lain sebagai partner. Beliau juga menambahkan bahwa terkait dengan data digital innovation, Untirta telah melakukan berbagai pengembangan aplikasi termasuk sistem kehadiran pegawai.

Pada seminar internasional 2020 kali ini, Teknik Elektro beserta panitia lainnya dari tiga Universitas menghadirkan tiga orang pembicara yaitu Prof. R. Eko Indrajit dari APTIKOM Indonesia, Assoc. Prof. Dr Nurfadhlina Mohd Sharef dari University Putra Malaysia, Malaysia, dan Prof. Jun Seok Hwang, Ph.D. dari Seoul National Universty, South Korea.

Dr. Supriyanto, ST., M.Sc.selaku Wakil Dekan bidang Akademik, pengembangan inovasi, pegabdian dan hilirisasi riset Fakultas Teknik Untirta sekaligus Ketua Panitia (General Chair) ICIEE mengatakan bahwa “Cconference international ini sebenarnya akan kita adakan di Lombok, tetapi karena terhalang oleh pandemi jadi kita laksanakan virtual. Sistemnya call to paper dimana kita mengundang peneliti dan akademisi untuk mengirim hasil penelitiannya dan dipresentasikan di conference tersebut ” Ucap beliau.

Selain itu mengutip dari laman untirta.ac.id, dalam wawancaranya Dr. Supriyanto menerangkan bahwa setelah acara pembukaan, diselenggarakan sesi paralel. Pada tahun ini sesi paralel menampilkan presentasi 45 paper dari dalam dan luar negeri. Peserta dikelompokkan dalam ruang-ruang sesuai dengan tema masing-masing kelompok. Kelompok pertama Sistem Tenaga Listrik, kemudian kelompok 2, Elektronika dan kendali, lalu kelompok 3 bidang Teknologi Informasi, dan kelompok 4 bidang Telekomunikasi. Di akhir sesi paralel yang dipimpin oleh seorang moderator dari dosen-dosen Teknik Elektro Untirta tersebut, diberikan apresiasi kepada presenter terbaik. Bertindak sebagai moderator adalah Dr. Wahyuni di kelompok 1, Dr. Irma Saraswati di kelompok 2, Dr. Alimuddin di kelompok 3, dan Dr. M. Iman Santoso di kelompok 4.

Terakhir, Dekan Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Prof. Dr.-Ing. Asep Ridwan juga turut menambahkan bahwa untuk kedepannya Universitas Sutan Ageng Tirtayasa akan mengadakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKs) antara Fakultas Teknik Untirta dan Fakultas Teknik Universitas Telkom. (pp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *