WORKSHOP KURIKULUM FT UNTIRTA

Pada tanggal 25 – 26 September 2017, Fakultas Teknik Untirta telah mengadakan kegiatan Workshop Kurikulum di Anyer. Kegiatan workshop ini dihadiri oleh seluruh Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Kepala Laboratorium,  Tim Gugus Penjaminan Mutu Fakultas (GPM), Tim  Gugus Kendali Mutu (GKM) Jurusan  serta Ketua Kurikulum Jurusan. Adapun pembicara dalam kegiatan ini adalah Dr. Ir. Feri Kusnandar, M.Sc dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan – IPB yang berpengalaman dalam menyusun kurikulum beserta perangkat pendukung kurikulum. 

Workshop kurikulum  dibuka oleh Wakil Dekan II Bapak Sunardi, ST., M.Eng tepat pukul 09.00. Dalam sambutannya, Bapak Sunardi meminta kepada Peserta Workshop untuk dapat memanfaatkan kegiatan ini seoptimal mungkin untuk kemajuan Fakultas Teknik karena Kurikulum merupakan inti dari kegiatan Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi. Setelah itu penyampaian materi dimulai dengan moderator Bapak. Dr. -Ing Anton Irawan, ST.,MT. Tataletak meja di dalam ruangan sudah dibagi setiap jurusan dengan harapan terjadi interaksi antara peserta di dalam jurusan masing – masing. Sebelum pelaksanaan kegiatan ini, GPM telah meminta kepada setiap Jurusan untuk menyusun profil lulusan serta learning outcomes untuk dievaluasi terlebih dahulu oleh Pembicara. Adapun materi pertama yang disampaikan berhubungan dengan  bagaimana merumuskan profil lulusan dan learning outcomes program studi dalam konteks KKNI. Kemudian dilanjutkan dengan materi kedua tentang bagaimana menjabarkan learning outcomes,bahan kajian, matakuliah dan struktur kurikulum.  Adapun materi terakhir disampaikan tentang metode pembelajaran dan metode assessment pembelajaran. Adapun tahapan selanjutnya adalah melakukan tugas penyusunan profil lulusan, program learning outcomes, bahan kajian serta matakuliah. Pada saat penyusunan ini, Pembicara melakukan coaching dengan mengeliling meja -meja dari setiap peserta workshop. Kegiatan tugas mandiri untuk setiap jurusan berakhir pada pukul 21.15 untuk besoknya dilakukan presentasi hasil diskusi masing – masing jurusan dalam bentuk power point.

Kegiatan hari kedua diawali dengan presentasi hasil diskusi tim kurikulum masing-masing Jurusan dengan diawali oleh Jurusan Teknik Industri. Dr.-Ing Anton Irawan, ST. MT menjelaskan terlebih dahulu system diskusi yang akan berlangsung yaitu Presentasi dilakukan oleh Ketua Jurusan masing – masing kemudian dilanjutkan dengan sesi tanggapan dari 2 jurusan dan diakhiri dengan tanggapan dari Bapak Feri Kusnandar. Sesi presentasi dimulai dari Jurusan Teknik Industri dengan mengambil Profil lulusan Teknik Industri sebagai PPIC di Industri dan ditanggapi oleh Jurusan Teknik Elektro dan Teknik Metalurgi. Selanjutnya presentasi dari Jurusan Teknik Elektro dengan mengambil Profil lulusan Insinyur Telekomunikasi dan ditanggapi oleh Jurusan Teknik Metalurgi dan Teknik Kimia. Pada saat presentasi banyak terjadi interaksi khususnya melakukan Analisa profil lulusan dengan kondisi lulusan yang sudah bekerja. Adapun profil lulusan yang dimaksud adalah lulusan fresh graduate tanpa tambahan pelatihan lanjut diterima di tempat kerja sehingga penggaruh dari kurikulum sangat besar dalam penerimaan lulusan baru tersebut.

Sebelum dilakukan penutupan pada siang hari, Bapak Feri Kusnandar memberikan materi singkat perihal pendamping ijazah, sertifikat mata kuliah dan transkrip ekstra kurikuler mahasiswa. Dengan adanya dokumen – dokumen tambahan tersebut akan membantu lulusan untuk diserap di dunia kerja secara cepat. Setelah penyampaian materi tersebut, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswa berkenan untuk memberikan tanggapan atas penyampain materi tentang pendamping ijazah karena ada keingina besar untuk bisa direalisasikan di FT Untirta. Kemudian Bapak Wakil Dekan III berkenan menutup kegiatan Workshop Kurikulum tersebut dan berpesan untuk jurusan – jurusan yang berpeluang mendapatkan akreditasi A untuk mempersiapkan borang akreditasi dengan baik.

PENANDATANGANAN MoU FT UNTIRTA DENGAN IACPE

Admin | 21-11-2017

Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (FT Untirta) beberapa waktu yang lalu telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan International Association of Certified Practicing (IACPE).

BPK RI GOES TO CAMPUS

Admin | 17-11-2017

Pada hari Kamis, 16/11/2017 Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Prof. Dr. Bahrullah Akbar, MBA mengunjungi Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (FT Untirta) dalam rangka kegiatan BPK Goes To Campus.

YUDISIUM FAKULTAS TEKNIK GELOMBANG III - 2017

Admin | 13-11-2017

Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa melaksanakan acara Yudisium Gelombang III tahun 2017 bertempat di Aula FT Untirta Cilegon.

WORKSHOP DAN KLINIK MANUSKRIP JURNAL INTERNASIONAL BEREPUTASI FT. UNTIRTA

Admin | 04-11-2017

Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mengadakan Workshop dan Klinik Manuskrip untuk Publikasi Internasional Dosen di Auditorium Gedung Dekanat.

WORKSHOP EVALUASI KINERJA PEGAWAI

Admin | 27-10-2017

Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menggelar workshop evaluasi kinerja pegawai di lingkungan Fakultas Teknik pada hari Jum’at 27 s.d 28 Oktober 2017 di hotel Wisata Baru Serang.

PENYERAHAN BANTUAN CSR DARI PLN

Admin | 13-10-2017

Fakultas Teknik (FT) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa melaksanakan kegiatan bersama dengan PLN APP (Area Pelaksana Penyelenggaraan) Cilegon.

WORKSHOP EVALUASI KURIKULUM 2014

Admin | 11-10-2017

Workshop evaluasi kurikulum 2014 Jurusan Teknik Mesin (JTM) FT Untirta yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 11 Oktober 2017

SEMINAR NASIONAL INTEGRASI PROSES (SNIP) 2017

Admin | 04-10-2017

Aplikasi riset dan teknologi proses untuk mendukung pengembangan industri kimia Indonesia.

Pelatihan Asesor Kompetensi Industri Kimia

Admin | 17-09-2017

Center of Excellence (CoE) Industri Petrokimia FT UNTIRTA bekerjasama dengan Dirjen Industri Kimia Tekstil dan Aneka (IKTA) mengadakan Pelatihan Asesor Kompetensi Industri Kimia.

Pelatihan Operator Mesin & Alat Uji Petrokimia

Admin | 05-09-2017

Cilegon (5/902017) Center of Excellence (CoE) Industri Petrokimia FT. UNTIRTA menggelar 5 paket Pelatihan Operator Mesin Proses Produksi dan Alat Pengujian Petrokimia