WORKSHOP PENGENALAN SOFTWARE METALURGI

Terkait kerjasama riset, dengan harapan penemuan para akademisi dapat di implementasikan langsung sehingga keberadaan kami dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan industri sekitar. Jurusan Teknik Metalurgi Untirta terus berupaya meningkatkan kualitasnya melalui berbagai aspek. Dibidang SDM, dari total 18 dosen ditambah 3 dosen baru merupakan lulusan S2 dan S3 dari Universitas ternama di dalam Negeri seperti UI & ITB, dan dari luar negeri seperti Tohoku University Japan, Kyushu University Japan, Tallinn University of Technology Rusia, dan Universidade de Aveiro Portugal dan National Cheng Kung University Tainan Taiwan. Saat ini beberapa dosen kami sedang menempuh studi lanjut S3 di Universitat Pilotecnica de Catalunya Barcelona dan Tokyo University serta Universitas Indonesia. Laboratorium kami terus berbenah, meskipun belum maksimal sehingga kami terus melakukan inisiasi kerjasama riset untuk membantu sarana prasarana kami yang dalam proses peningkatan dengan beberapa Industri seperti PTKS-PLTU Suralaya, Indonesia Power dan beberapa Universitas serta Lembaga riset pemerintah seperti puspiptek Lipi Serpong dan Geotek Lipi Bandung, Nano Center Serpong sehingga kredibilitas dan kualitas riset kami selalu menjadi prioritas utama, hal ini terbukti nilai H-index dosen Teknik Metalurgi merupakan H-Index tertinggi di lingkungan Untirta yang diraih oleh Dekan FT Untirta Dr. Eng A. Ali Alhamidi, ST., MT.

Ketua panitia kegiatan Dr. Erlina Yustanti, M.Si mengatakan bahwa kegiatan pengabdian pada masyarakat dosen-dosen Teknik Metalurgi ini bertujuan memberikan peningkatan soft skill melalui pelaksanaan Workshop software metalurgi bagi siswa SMK. Harapan kami, siswa SMK nantinya tidak hanya handal dan terampil secara teknik namun juga mengikuti perkembangan terkait teknologi pengolah data agar dapat melakukan analisis data lebih presisi, terkontrol dengan waktu yang lebih cepat karena menggunakan instrumen pengolah data yang update.

Kegiatan P2M ini dihadiri dan dibuka secara resmi pada Rabu, 24 Oktober 2018 bertempat di ruang Auditorium Lt 2 gedung dekanat Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (FT Untirta) oleh Dekan FT Untirta, hadir dan mendampingi Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Cilegon Drs. Khaerozi beserta guru pendamping. Kegiatan P2M ini merupakan implementasi program kerja jurusan Teknik Metalurgi tahun anggaran 2018. Total siswa yang mengikuti pelatihan ini adalah 36 siswa. Materi workshop meliputi overview dan prospek Jurusan Teknik Metalurgi saat ini yang disampaikan oleh sekretaris jurusan Teknik Metalurgi Yeni Muriani Zulaida, ST., MT, dilanjutkan workshop HSC Chemistry seri 6 oleh Suryana, ST., MT dan setelah ishoma dilanjutkan  Pengenalan Software ImageJ dalam menganalisis data hasil SEM oleh Dr. Erlina Yustanti, M.Si dilanjutkan Engineering in 4.0 Industrial Era: Challenges and Opportunities oleh Dr. Amalia Sholehah, S.Si., MT dan diakhiri dengan kunjungan peserta workshop ke laboratorium Teknik Metalurgi FT Untirta.

Ketua panitia mengucapkan terima kasih kepada Jurusan Teknik Metalurgi atas alokasi pendanaan dan support demi terselenggaranya kegiatan ini. Teriring harapan dan do’a semoga kegiatan workshop ini membawa banyak manfaat dan keberkahan untuk kita semua aamiin ya robbal ‘alamiin.

 

FT UNTIRTA MENERIMA KUNJUNGAN PT LBE

Admin | 06-11-2018

Senin 5/11/2018, FT Untirta menerima kunjungan dari PT LBE (Lestari Banten Energi), kunjungan tersebut dalam rangka penjajagan kerjasama.

UJI SERTIFIKASI AHLI MUDA KONSTRUKSI SKA

Admin | 29-10-2018

Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa bekerja sama dengan LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi) Banten mengadakan kegiatan Uji Sertifikasi Ahli Muda Konstruksi SKA (Sertifikasi Keahlian), bertempat di Ruang Auditorium FT Untirta Lt 2 pada Sabtu, 27 Oktober 2018.

KULIAH UMUM KEMENPERIN RI

Admin | 23-10-2018

Selasa 23 Oktober 2018, Kementrian Perindustrian RI, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (FT Untirta) dan UNDP menyelenggarakan acara sosialiasi “Dampak Bahan Kimia Berbahaya (polybromodiphenyl Ethers/PBDEs) Terhadap Kesehatan dan Lingkungan”.

KUNJUNGAN PT SOKONINDO AUTOMOBILE

Admin | 05-10-2018

FT UNTIRTA menerima kunjungan dari PT Sokonindo Automobile pada Rabu (3/10/2018), PT. Sokonindo Automobile melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dalam rangka penjajagan kerjasama.

KULIAH UMUM DARI ORGANIZATION FOR THE PROHIBITION OF CHEMICAL WEAPON (OPCW)

Admin | 27-09-2018

FT. Untirta mengadakan kuliah umum dengan Keynote Speaker dari OPCW Den Haag Belanda

PENGUMUMAN HASIL MCU DAN KEBERANGKATAN CALON KARYAWAN PT JST INDONESIA

Admin | 10-09-2018

Kami sampaikan hasil Medical Check Up (MCU) pada tanggal 29-30 Agustus 2018 calon karyawan PT. JST Indonesia yang dinyatakan lulus MCU.

HASIL TES INTERVIEW CALON KARYAWAN PT JST INDONESIA

Admin | 29-08-2018

Sehubungan tes interview telah selesai dilaksanakan pada tanggal 28-29 Agustus 2018 di ruang auditorium lantai 2 gedung dekanat FT UNTIRTA, berikut ini kami umumkan hasil tes interview tersebut.

YUDISIUM GELOMBANG II TAHUN 2018

Admin | 29-08-2018

Cilegon, (28/8/2018) Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (FT UNTIRTA) melaksanakan kegiatan Yudisium calon wisudawan gelombang II tahun 2018 di gedung Aula FT UNTIRTA

HASIL TES TULIS CALON KARYAWAN PT JST INDONESIA

Admin | 27-08-2018

Sehubungan telah dilaksanakannya tes tertulis untuk calon karyawan PT. JST Indonesia pada tanggal 27 Agustus 2018, selanjutnya peserta yang telah lulus pada Tes Tulis akan mengikuti Interview Test.

KANDIDAT PESERTA REKRUTMEN PT JST INDONESIA

Admin | 24-08-2018

Agenda Rekrutmen PT. JST Indonesia akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin/27 Agustus 2018
Tempat : R. Auditorium Dekanat Fakultas Teknik UNTIRTA
Waktu : 08.00 – selesai