Prodi Teknik Mesin dan Teknik Industri FT Untirta Selenggarakan Webminar Internasional ICAMIE2020

Diposting pada

Program Studi (Prodi) teknik Industri dan teknik mesin fakultas teknik (FT) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menyelenggarakan konferensi web seminar (webminar) internasional ICAMIE 2020 di gedung centre of excellent (CoE) kampus Cilegon.

Webminar ini dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. H. Fatah Sulaeman, ST., MT selaku Rektor Untirta, bertemakan development of sustainable technology, energy, and systems toward green and smart industrial transformation. Adapun yang menjadi keynote speakernya adalah Prof. Kaiwei Chu dari Shandong University, Prof. T. M. Indra Mahlia dari University of Technology Sydney Australia, Prof. Dr. –Ing. Hendro Wicaksono dari Jacob University Bremen, Prof. Shuo-Yan Chou dari Taiwan Tech University dan dimoderatori oleh Sri Agustina, Ph.D dari Untirta, serta disponsori oleh PT Adhi Karya, PT. Hutama Karya, PUI PT ketahanan pangan, PT. Bina Agung Sentosa, PT. Ciriajasa CM, PT. Deka Sari Perkasa, Vivente, PT. Karya Mitra Seraya, Tamara Overseas Corporindo, Sagung Seto, Dyna Tech, PT. Jelita Citra Solusindo dan Total Lab.

Acara dipandu oleh master of ceremony (MC), dimulai dengan pembukaan dan sambutan-sambutan, kata sambutan awal oleh Rektor Untirta yang menyampaikan rasa apresiasinya kepada para panitia dari sivitas akademika FT Untirta pada khususnya dari Prodi Teknik Industri dan Teknik Mesin sehingga dapat menyelenggarakan webminar bertaraf internasional, beliau menuturkan bahwa walau pandemic covid19 sedang terjadi tidak menghalangi FT Untirta dalam menciptakan suasana atmosfir akademik yang baik, tema yang diambil pada kesempatan kali ini relevan dengan visi misi Untirta yang mana seperti yang beliau ketahui juga para presenter peserta webminar ini hasil-hasil risetnya sangat bagus, beliau berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini bisa bermanfaat bagi perkembangan industry dan bisa menjadi problem solving di masyarakat.

Kegiatan ini diikuti oleh 126 peserta dari berbagai mancanegara seperti diantaranya Indonesia, Jerman, Jepang, Malaysia, Australia, Taiwan, China, Albania dan lain sebagainya, adapun tujuan diselenggarakan webminar ini adalah untuk melihat perkembangan tentang penerapan implementasi dari konsep industry 4.0, meningkatkan dan mendorong terciptanya riset teman-teman dosen di kawasan internasional, pada khususnya sivitas akademika FT Untirta, serta operasionalnya telah disponsori oleh beberapa perusahaan badan usaha milik Negara (BUMN) dan swasta dalam hal financial support, tutur Hadi Wahyudi, Ph.D selaku ketua pelaksana kegiatan.

Pada acara inti Webminar sesi pertama keynote speakernya yakni Prof. Kaiwei Chu dan Prof. T. M. Indra Mahlia berkesempatan mempresentasikan makalahnya, pada sesi kedua makalah di presentasikan oleh Prof. Dr. –Ing. Hendro Wicaksono dan Prof. Shuo-Yan Chou, pada kegiatan ini juga beberapa peserta mengajukan pertanyaan-pertanyaan, ditutup dengan sesi foto bersama. Setelah kegiatan ini Prof. Dr. –Ing. Asep Ridwan, ST., MT., IPM saat diwawancarai Humas FT Untirta menyampaikan komitmennya untuk terus menciptakan suasana atmosfir akademik yang baik walaupun kini sedang ada dalam masa pandemic Covid-19, maka dari itu menurutnya kegiatan yang baik seperti ini akan terus dilakukan, beliau menuturkan tentang teknologi di masa depan yang pastinya mengikuti perkembangan revolusi industry 4.0 yang mempunyai ciri-ciri serba digitalisasi, otomatis dan semuanya terhubung dengan internet, tema yang diambil webminar ini telah sejalan dengan visi misi Untirta yang juga diturunkan pada visi fakultas yang juga mempunyai program smart, green and integrated, karena smart dan green berkaitan dengan engineering beliau berkomimen FT Untirta akan dan harus menjadi leading dalam hal tersebut. Pada akhir katanya beliau berharap dengan kegiatan ini terdorong dan terciptanya riset-riset dosen FT Untirta yang lebih banyak lagi, serta bisa membuat FT Untirta dikenal di kawasan internasional.