Peringati Hari Sejuta Pohon, FT Untirta Tanam Ribuan Pohon

Diposting pada

Cilegon, FTUntirta- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik (FT) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) melalui kementrian sosial masyarakat menggelar tanam pohon dengan tema satu pohon sejuta kehidupan di area sekitar kantin Hijrah kampus Fakultas Teknik Untirta pada hari Senin (10/22) dan dihadiri oleh Wakil Rektor 3 bidang kemahasiswaan, Dekan Fakultas Teknik, Wakil Dekan 2 dan 3 serta para ketua jurusan dan perwakilan ormawa lainya.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari sejuta pohon sekaligus mendukung terwujudnya kampus yang smart dan green di kawasan industri. Ketua pelaksana gerakan tanam pohon, Mansyur menjelaskan tujuan dari kegiatan ini sebagai bentuk penghijauan dan kepedulian terhadap lingkungan. Mansyur juga menjelaskan 1700 bibit pohon ini ia peroleh dari Krakatau Tirta Industri. Yovi selaku Ketua BEM FT Untirta juga mengatakan bahwa bibit yang berjumlah 1.700 bibit ini didapat dari PT. Tirta Industri dan proses penanaman merupakan dukungan dari Pihak Rektorat dan Dekanat FT Untirta. “Kegiatan ini juga merupakan dukungan dari jajaran Rektorat dan Dekanat. Pertama kita akan manfaatkan lahan kosong di kampus FT terlebih dahulu dan jika dirasa cukup maka akan kami bagikan juga ke Fakultas atau unit yang lain” Jelasnya.

Prof. Dr.-Ing. Ir. Asep Ridwan Selaku Dekan Fakultas Teknik mengapresiasi kagiatan ini karena menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat dan juga sejalan dengan visi Fakultas Teknik Untirta “di kampus fakultas teknik kebetulan ada lahan yang kosong. untuk memperingati hari sejuta pohon BEM mengajukan permohononan sejumlah 1.500 bibit dan alhamdulillah kita mendapatkan lebih yaitu sekitar 1.700 bibit. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini karena selain konservasi alam kegiatan ini juga sejalan dengan visi Fakultas Teknik menjadi kampus yang unggul, smart and green di kawasan ASEAN tahun 2030.” ucap beliau.

Sesuai dengan master plan Fakultas Teknik Untirta yang akan dibangun di tanah seluas 4 Hektar, 30 persennya akan dialokasikan menjadi ruang terbuka hijau. “Sesuai master plan FT Untirta kami akan alokasikan sebagian lahan FT sekitar 30 persen untuk ruang terbuka hijau sehingga lingkungan kampus FT memiliki lingkungan kampus yang hijau dan sejuk.” terangnya. Beliau juga menambahkan bahwa Fakultas Teknik sangat fokus dalam menjaga lingkungan karena juga sejalan dengan visi fakultas teknik. “selain edukasi, pelatihan, pendidikan serta webinar webinar yang berhubungan dengan green dalam bentuk nyata kami juga mendukung dalam bentuk infrastruktur salah satunya dalam bentuk kegiatan menanam pohon seperti yang hari ini kita lakukan dan juga yang sudah pernah kita lakukan sebelumnya yaitu biopori, solar cell yang sudah kami bangun sebanyak 9 tiang salah satunya berada di atas gedung kantin FT Untirta, selain itu juga ada embung untuk sanitasi air. Ini salah satu bentuk nyata bagaimana Fakultas Teknik peduli terhadap lingkungan. Insya allah semua ini akan kami tata dengan baik sehingga kampus Fakultas Teknik menjadi kampus ramah lingkungan dan juga bisa menjadi contoh yang baik untuk warga kampus FT Untirta baik mahasiswa, dosen dan pegawai.” Ujar beliau.