Dukung Prodi Akreditasi Internasional di Untirta, Dekan FT Unhas Kunjungi FT Untirta

Diposting pada

Cilegon, FTUntirta – Rabu (03/02) siang, Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas Hasanudin (UNHAS) beserta Wakil Dekan 2 FT Unhas beserta tim kunjungi FT Untirta. Dekan FT Unhas beserta tim tiba di kampus Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) pada jam 11 siang. Kunjungan ini disambut baik oleh Rektor Untirta, Dekan FT Untirta, Para Wakil Dekan, para Ketua Jurusan (Kajur) beserta jajaran lainnya. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka silaturahmi dan implementasi Perjanjian Kerjasama Coaching dan Konsultansi Akreditasi Internasional di FT Untirta.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman selaku Rektor Untirta mengatakan bahwa kunjungan ini mengingatkan pada Chemistry di masa lalu “kami mengucapkan selamat datang di kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Ini mengingatkan pada kejadian pada dahulu yang mana syeh Yusuf Al-Makassari pernah berkunjung ke Banten dan kemudian bersahabat baik dengan Sultan Ageng Tirtayasa.” Ucap beliau. Dalam kesempatan tersebut beliau juga menyampaikan bahwa Unhas sebagai Universitas yang lebih senior dapat memberikan arahan kepada Untirta dalam mewujudkan Prodi terakredikasi Internasional. Beliau juga menyebutkan bahwa kolaborasi FT Untirta dengan FT Unhas bertujuan untuk meningkatkan pencapaian IKU Untirta yang masih nol terkait prodi yang mempunyai sertifikat atau akreditasi Internasional. “FT Unhas sendiri mempunyai 13 prodi terakreditasi Internasional dan 5 prodi dalam proses pengajuan akreditasi internasional seperti ABET, IABEE dan ASIIN. Ini merupakan salah satu target kita, semoga referensi dan role model untuk akreditasi internasional di Untirta bisa pecah telor di Fakultas Teknik” ucap beliau.

Prof. Dr.-Ing. Ir. Asep Ridwan selaku Dekan Fakultas Teknik Untirta menambahkan bahwa kolaborasi dengan FT Unhas sudah berlangsung sejak tahun lalu dengan adanya Workshop Akreditasi Internasional di kampus FT Untirta dengan Narasumber yaitu Prof. Isran dari FT Unhas. FT Untirta menindaklanjuti kerjasama ini dengan menerapkan semua kurikulum prodi di FT Untirta berbasis OBE (Outcome Based Education) sebagai dasar pengajuan Akreditasi Internasional. “FT Untirta menargetkan 3 jurusan terakreditasi/tersertifikasi Internasional dalam 2 tahun ini, yaitu Teknik Industri, Teknik Kimia dan Teknik Elektro.” Ucap beliau.

Selesai berkunjung ke kampus FT Untirta, rombongan FT Unhas ditemani Dekan beserta para Wakil Dekan FT Untirta dan Koordinator JFT melanjutkan perjalanan berkunjung ke PT. krakatau International Port atau yang biasa dikenal dengan PT. Krakatau Bandar Samudera (PT. KBS) untuk membahas kolaborasi kerjasama di bidang riset.