Kuliah Umum (Stadium Generale) Artificial Intelligence Research dengan tema “Emerging trends in Deep Learning and it’s application”

Diposting pada

Cilegon, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menyelenggarakan Kuliah Umum (Stadium Generale) Artificial Intelligence Research dengan tema “Emerging trends in Deep Learning and it’s application” pada hari Senin, 13 Mei 2024 di Auditorium Lt. 2 Gedung Dekanat Fakultas Teknik Untirta. Acara ini menghadirkan narasumber intenasional di bidang Artificial Intelligence Research, R. Durga Meena, M. E., MBA, PhD, dari Assistant professor, CSE Department, Kalasalingam Academy of Research Education, India, dimoderatori oleh Bapak Rian Fahrizal, ST., MEng. selaku dosen Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Dr. Eng. Ir. Bobby Kurniawan, ST., MT., para Ketua Jurusan serta sivitas akademika Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Pak Rian Fahrizal, sebagai moderator menekankan pentingnya peran Artificial Intelligence (AI) salah satunya dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Beliau menyoroti kontras antara negara maju yang telah memanfaatkan Artificial Intelligence untuk membantu pasien dengan penyakit serius, dengan Indonesia yang masih mengandalkan metode manual. Hal ini dapat mengakibatkan keterlambatan penanganan pasien darurat dan berakibat fatal. Lebih lanjut, Pak Rian menambahkan bahwa penerapan AI di dunia kesehatan di Indonesia dapat membawa manfaat signifikan bagi para pasien. AI dapat membantu para dokter dalam mendiagnosis penyakit dengan lebih cepat, mengembangkan obat baru yang lebih efektif, dan mempersonalisasi perawatan kesehatan bagi setiap pasien.

Mrs. R. Durga Meena, M. E., MBA, PhD, memaparkan pengertian machine learning dan deep learning, Penerapan Deep Learning dalam berbagai sektor, seperti kesehatan, industri, keuangan, dan pendidikan.

Kuliah umum ini membuka wawasan para peserta tentang potensi dan peluang yang ditawarkan oleh Deep Learning. Deep Learning memiliki kemampuan luar biasa untuk memecahkan masalah kompleks dan memberikan solusi inovatif dalam berbagai bidang.
 
Dalam Pemaparannya beliau menjelaskan, “Deep learning adalah bagian dari machine learning yang memiliki jaringan yang mampu mempelajari data yang tidak terstruktur atau tidak berlabel dan bekerja mirip dengan fungsi otak manusia. Artificial Intelligence merupakan kemampuan machine learning untuk meniru perilaku cerdas manusia. Machine learning adalah kemampuan Artificial Intelligence yang memungkinkan sebuah sistem untuk secara otomatis belajar dan berkembang dari pengalaman. Deep learning merupakan penerapan Machine learning yang menggunakan algoritma kompleks dan neural networks  untuk melatih sebuah model. Neural network adalah program pembelajaran mesin, atau model, yang membuat keputusan dengan cara yang mirip dengan otak manusia, dengan menggunakan proses yang meniru cara neuron biologis bekerja bersama untuk mengidentifikasi fenomena, menimbang pilihan, dan sampai pada kesimpulan. dalam pemaparannya juga menjelaskan luasnya implementasi Deep learning dalam kehidupan sehari-hari contohnya seperti e-commerce, driver online dan lain sebagainya”. Beliau sangat berkesan dengan keramah tamahan masyarakat indonesia khususnya Fakultas Teknik Untirta.