Rapat Pembahasan Pengelolaan Safety di Laboratorium Fakultas Teknik Untirta

Diposting pada

Cilegon, 05 Juni 2024 – Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menyelenggarakan rapat penting bersama PT Rohm and Haas Indonesia untuk membahas pengelolaan keselamatan (safety) di laboratorium. Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik Untirta, Prof. Dr. Ir. Jayanudin, M.Eng, perwakilan dari PT Rohm and Haas Indonesia, para Ketua Jurusan, serta para Ketua Laboratorium di Fakultas Teknik Untirta.

Dalam pembukaannya, Dekan Fakultas Teknik Untirta, Prof. Dr. Ir. Jayanudin, M.Eng, meminta saran dan arahan terkait kebijakan keselamatan yang perlu diterapkan di lingkungan Fakultas Teknik Untirta serta mengapresiasi atas kehadiran PT Rohm and Haas Indonesia untuk berdiskusi untuk membahas pengelolaan safety di laboratorium Fakultas Teknik Untirta.

Perwakilan dari PT Rohm and Haas Indonesia memberikan arahan dan saran mengenai kebijakan keselamatan yang harus diterapkan di Fakultas Teknik Untirta. Arahan yang disampaikan meliputi:

– Prosedur Laboratorium: Menyediakan prosedur standar untuk mencegah kecelakaan kerja.

– Penggunaan Tanda Bahaya: Implementasi tanda bahaya (hazard signs) untuk memudahkan identifikasi kondisi darurat di laboratorium.

– Pelatihan Keselamatan: Penyelenggaraan pelatihan keselamatan bagi seluruh sivitas akademika untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan dalam menangani situasi darurat.

– Visualisasi Safety: Penggunaan panduan visual yang jelas di setiap ruangan laboratorium.

– Peralatan Safety: Menyediakan manual book pada setiap alat yang digunakan, instruksi keselamatan di setiap ruangan, label bahaya di setiap laboratorium, tanggal kedaluwarsa alat, alat pelindung diri (APD), dan alat pemadam api ringan (APAR).

Setelah sesi diskusi, tamu dari PT Rohm and Haas Indonesia diajak untuk meninjau laboratorium yang ada di Fakultas Teknik Untirta. Peninjauan ini bertujuan untuk memberikan arahan langsung tentang penerapan keselamatan di setiap laboratorium, memastikan bahwa semua prosedur dan peralatan keselamatan tersedia dan dapat diakses dengan mudah oleh seluruh pengguna laboratorium.

Diskusi ini bertujuan menciptakan lingkungan yang aman dan sehat bagi seluruh sivitas akademika Fakultas Teknik Untirta. Selain itu, juga untuk mempersiapkan mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan keselamatan yang akan menjadi bekal penting di dunia kerja nanti.