Awali Perkuliahan Mahasiswa Baru Fakultas Teknik Untirta: Brigjen TNI Fierman Berikan Pesan dan Wawasan untuk Bela Negara

Diposting pada

Cilegon, 29 Agustus 2024– Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menggelar Kuliah Umum dengan bertemakan “Mahasiswa sebagai Pilar Bela Negara : membangun Ketahanan Bangsa melalui Intelektual dan Karakter” bersama Brigadir Jenderal TNI Firman Sjafririal Agustus. Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik Untirta, Prof. Dr. Jayanudin, ST., M.Eng., Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Eng. Ir. Bobby Kurniawan, ST., MT., Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Dr. Ir. Indar Kustiningsih, ST., MT., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. Dwinanto, ST., MT., Ketua Senat Fakultas Teknik Untirta dan anggota, Para Ketua Jurusan, Para Arsiparis Fakultas Teknik Untirta, Para Tenaga Kependidikan di lingkungan Fakultas Teknik Untirta serta Para Mahasiswa Baru tahun akademik 2024/2025.

Acara ini diawali dengan general checking oleh para mahasiswa baru, sebuah proses penting untuk memastikan kehadiran dan kesiapan peserta. Setelah itu, rangkaian acara resmi dimulai dengan pembukaan, yang diiringi oleh lantunan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Untirta. Suasana semakin khidmat saat Ahmad Haris Rido, seorang mahasiswa dari Jurusan Teknik Metalurgi, memimpin pembacaan ayat suci Al-Qur’an, memberikan sentuhan spiritual yang mendalam sebelum memasuki inti acara.

Sambutan hangat disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Jayanudin, S.T., M.Eng., yang mengapresiasi kehadiran seluruh mahasiswa baru serta menekankan pentingnya semangat belajar dan kolaborasi selama menempuh pendidikan di Fakultas Teknik. Dalam sambutannya, Dekan juga mengajak para mahasiswa untuk tidak hanya mengejar prestasi akademik, tetapi juga aktif dalam kegiatan non-akademik yang dapat membentuk karakter dan keterampilan kepemimpinan mereka.

Puncak acara adalah kuliah umum yang dibawakan oleh Brigadir Jenderal TNI Firman Sjafririal Agustus, S.IP., M.S.I., yang memaparkan materi dengan judul “Generasi Banten yang Unggul”. Dalam sesi ini dimoderatori oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Ir. Bobby Kurniawan, S.T., M.T. “Membutuhkan semangat juang 1945 untuk mengejar ketertinggalan, pengorbanan dari zona nyaman, melatih generasi sebagai kelanjutan perjuangan” ujar Brigjen Firman. Kuliah Umum ini memberikan wawasan mendalam tentang peran pemuda, khususnya mahasiswa teknik, dalam menjaga dan memperkuat ketahanan nasional di era globalisasi yang penuh tantangan.

Suasana semakin hangat ketika sesi tanya jawab dimulai. Para mahasiswa aktif mengajukan berbagai pertanyaan, menunjukkan antusiasme mereka untuk menggali lebih dalam materi yang disampaikan. Keterlibatan aktif para peserta menunjukkan bahwa mereka bukan hanya hadir sebagai pendengar, tetapi juga sebagai partisipan yang kritis dan reflektif.

Acara ini juga memberikan apresiasi kepada para mahasiswa dengan IPK tertinggi pada semester genap tahun akademik 2023/2024, sebuah bentuk penghargaan atas kerja keras dan dedikasi mereka dalam bidang akademik. Berikut nama-nam mahasiswa Peraih IPK tertinggi :
Muhammad Haris Fadilah – Teknik Mesin (IPK 3,73)
Rizki Maula – Teknik Elektro (IPK 3,89)
Yehezkiel Pedro Abednego – Teknik Industri (IPK 3,97)
Putri Amelia – Teknik Metalurgi (IPK 3,85)
Sayyidina Nur A’Kaasyah – Teknik Kimia (IPK 3,97)
Faqih Setiawan – Teknik Sipil (IPK 3,85)
Muhamad Rizki Suryawijaya – Informatika (IPK 3,96)
Ripan Laksamana Putra – Informatika (IPK 3,96)
Patricia Pingkan Kumenap – Statistika (IPK 3,93)

Pemberian tanda mata kepada narasumber dan penutupan acara yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan ramah tamah menjadi penutup yang manis untuk hari yang penuh inspirasi.

Dengan berlangsungnya acara ini, Fakultas Teknik Untirta tidak hanya menyambut mahasiswa baru dengan hangat, tetapi juga memberikan mereka wawasan berharga yang diharapkan akan menjadi bekal selama masa studi mereka. Semoga semangat juang para mahasiswa baru terus menyala, tidak hanya dalam menghadapi tantangan akademik, tetapi juga dalam berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa. Selamat datang, para pejuang muda Teknik Untirta.