SEMINAR NASIONAL INTEGRASI PROSES (SNIP) 2017

Posted on

Cilegon, (02/10/2017) Jurusan Teknik Kimia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menyelenggarakan Seminar Nasional Integritasi Proses (SNIP) 2017 di Gedung Centre of Excellent Industri Petrokimia Fakultas Teknik (FT).

Seminar nasional ini dibuka oleh Rektor Untirta yang pada kesempatan ini diwakili oleh Dr. H. Fatah Sulaeman, ST., MT selaku Wakil Rektor Bidang Akademik, hadir pula 3 (tiga) pembicara diantaranya Ir. M. Khayam, MT (Direktur Industri Kimia Hulu) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia, H. Maryono, ST., MM (Direktur Produksi PT. Pupuk Kujang) dan Prof. Dr. Ir. M. Nasikin, M.Eng (Peneliti/Dosen Universitas Indonesia)

Dalam sambutannya, Dr. H. Fatah Sulaeman, ST., MT menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan ini, beliau mengungkapkan tentang hal yang menjadi prioritas Untirta pada saat ini adalah melaksanakan program dari Islamic Development Bank (IDB) untuk membangun kampus terpadu Untirta di Sindangsari Kabupaten Serang, menjadi Centre of Excellent dalam bidang food security, pembangunan sumber daya manusia tenaga pendidik/Dosen maupun kependidikan dan lain sebagainya. Beliau berharap seminar ini dapat memberikan kontribusi hilirisasi riset yang dapat diteruskan sampai mempunyai hak paten.

Ketua Pelaksana kegiatan ini Dhena Ria Barleany, ST., M.Eng menerangkan bahwa Seminar Nasional Integrasi Proses ini pesertanya terdiri dari peneliti dari berbagai institusi yang ada di Indonesia seperti dari Poli Teknik Negeri Ujung Pandang, Malikusaleh, Universitas Indonesia, Sriwijaya dan lain sebagainya. Adapun kegiatan seminar ini diselenggarakan dengan tujuan untuk dijadikan sarana silahturahmi antara akademisi, industri dan pemerintah, tempat bertukar ide/pendapat antar sesama peneliti, pemecahan masalah, penambah ilmu pengetahuan tentang teknologi terbaru, dan seminar ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh Jurusan Teknik Kimia setiap 3 (tiga) tahun sekali, pada tahun sebelumnya yakni 2011 seminar telah diselenggarakan di Hotel Royale Krakatau Cilegon, tahun 2014 dan 2017 diselenggarakan di Gedung CoE FT Untirta kampus Cilegon.