Kunjungi UMI Makassar, 6 Dosen FT Untirta Raih Predikat “Dengan Pujian” serta Tandatangani Mou dan PKs

Diposting pada

Makassar- pada 8 April 2021, 6 Dosen Fakultas Teknik (FT) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, MT (Rektor Untirta), Prof. Dr. –ing. Ir Asep Ridwan, ST.,MT., IPM (Dekan FT Untirta), Dr. Ir. Supriyanto, ST.,M.Sc IPM (Wakil Dekan 1 FT Untirta), Dr. Ir. Sirajuddin, ST.,MT (Wakil Dekan II FT. Untirta), Dr. –Tech. Ir. Agus Pramono, ST.,MT (Wakil Dekan III FT Untirta), dan Dr. Eng. Ir. Bobby Kurniawan ST.,MT (Dosen Teknik Industri FT Untirta) berhasil memperoleh predikat kelulusan “dengan pujian” atau A (IPK 4) pada acara Yudisium profesi Insinyur Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Makasar di MYKO Hotel & Convention Center Makassar, Sulawesi Selatan.
Acara yudisium yang dilaksanakan secara hybrid dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut dihadiri oleh sebanyak 201 peserta Program Profesi Insinyur pada Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI), Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI-UMI) dan disumpah sebagai Insinyur oleh Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Dr Ir Heru Dewanto ST MSc.Eng IPU ASEAN Eng. Selain UNTIRTA juga hadir Dr. Ir. Marzan Aziz Iskandar, IPU selaku Rektor Institut Teknologi Indonesia (ITI) sebagai sesama institusi yang berasal dari Banten. ITI yang berlokasi di Kota Tangerang Selatan ini merupakan perguruan tinggi swasta dibentuk PII melalui Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia.


Selain itu pada acara yudisium tersebut juga ikut disumpah Pimpinan dari Universitas lainnya yang diantaranya Rektor Universitas Negeri Gorontalo Dr Ir Eduart Wolok IPM pada angkatan VII, Rektor Universitas Tadulako Prof Dr Ir Mahfudz MP, mantan Rektor Universitas Tadulako Prof Dr Ir H Muhammad Basir Cyio SE MS. Selain rektor, ada pula Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhamadiyah Aceh Dr Ir Hafnidar A Rani ST MM IPU ASEAN Eng, Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti Prof Dr. Ir Indra Surjati MT IPM, Wakil Rektor I Universitas Kristen Maranatha Ir Olga Catherina Pattipawaej MS PhD.
Selesai acara Yudisium, pimpinan Untirta yang terdiri dari Rektor, Dekan FT dan para Wakil Dekan menghadiri acara penandatanganan Momerendum of Understanding (Mou) dan Perjanjian Kerjasama (PKs) antara Untirta dengan Universitas Muslim Makasar. MoU ini dtandatangani oleh Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., MT selaku Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.


Sebagai pihak pertama dan Prof. Dr. H. Basri Modding, SE., M.Si selaku Rektor Universitas Muslim Makassar yang bertindak untuk dan atas nama Universitas Muslim Makasar, sebagai pihak kedua. Menurut keterangan Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr.-Ing. Ir. Asep Ridwan ruang lingkup dalam Nota Kesepahaman tersebut adalah seputar Pendirian Prodi Program Profesi Insinyur (PSPPI) di FT Untirta. “Adapun Ruang lingkup Nota Kesepahaman ini meliputi pertama, Penyelenggaran kerjasama Pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kedua, Pengembangan Inovasi Riset, dan Pendidikan Vokasi dan Sertifikasi Profesi. Ketiga, Kerjasama dan Afirmasi pada Program Profesi Insinyur. Ke empat, Penyelenggaraan kuliah umum / seminar, dan Conference Bersama dan terakhir yaitu Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka” Terang beliau.
Setelah penandatangan MoU acara dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKs) yang ditandatangani oleh Prof. Dr.-Ing. Ir. Asep Ridwan selaku Dekan Fakultas Teknik Untirta sebagai pihak pertama dan Dr. Ir. H. Zakir Sabara HW, S.T., M.T., IPM, ASEAN Eng., selaku Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia sebagai pihak kedua.


Kedua belah pihak sepakat untuk menciptakan kerja sama dalam rangka Pengembangan Program Profesi insinyur dengan prinsip mengoptimalkan kemitraan yang saling memberikan manfaat yang teknisnya akan diatur lebih lanjut dalam aturan teknis dengan kegiatan berupa Peningkatan dan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia, Kerjasama Afirmasi Pendirian dan Pembinaan Program Studi, Pengembangan kurikulum untuk program studi, Penyelenggaraan Kegiatan Ilmiah, Seminar, Kolokium, dan Lokakarya, Penyelenggaraan Kerjasama Riset, Praktikum dan Laboratorium bersama; serta program magang dan partisipasi dalam konferensi dan jurnal internasional.

Dekan  Fakultas Teknik berharap dengan adanya kerjasama ini dapat terwujudnya Program Profesi Insinyur menjadi salah satu Program Studi di Fakultas Teknik Untirta. “Semoga tahun ini kita pendirian Program Profesi Insinyur di Fakultas Teknik sehingga kita bisa segera membuka pendaftaran mahasiswa baru mengingat Fakultas Teknik sendiri berada di kawasan Industri” tutur beliau.
Acara diakhiri dengan kegiatan berfoto bersama.