Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Magang MBKM di PT. KPDP

Diposting pada

Cilegon, FTUntirta – Dalam rangka monitoring dan evaluasi mahasiswa magang MBKM, pimpinan Fakultas Teknik (FT) yang terdiri dari Dekan, dan para Wakil Dekan berkunjung ke PT. Krakatau Perawatan dan Perbengkelan (KPDP) yang beralamat di, Kecamatan Citangkil kota Cilegon pada Kamis siang (2/09). Kunjungan ini disambut baik oleh Dwiwibowo selaku Direktur utama PT. KPDP beserta jajarannya.

Secara garis besar kinerja mahasiswa FT untirta selama menjalani magang dinilai sangat baik terlebih pada pemahaman mahasiswa tentang Teknologi Informasi (IT) “secara garis besar kinerja mahasiswa kita dinilai sangat baik meskipun begitu ada beberapa point yang harus dibenahi dan menjadi evaluasi untuk kita kedepannya” Jelas Dekan Fakultas Teknik. Menurut keterangan beliau Mahasiswa FT Untirta yang sedang melaksanakan magang di PT. KPDP ada 8 orang yang berasal dari jurusan Teknik Elektro, Teknik Sipil, Mesin dan Teknik Industri. “Insya allah untuk semester depan kita targetkan jumlah mahasiswa yang bisa magang di PT. KPDP dan PT manapun bertambah” ucapnya.

Dekan fakultas Teknik berharap kegiatan monitoring yang dilakukan bisa mencangkup seluruh Industri yang sudah bekerjasama dengan Fakultas Teknik dalam mensukseskan program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). “kesulitan yang ditemui saat magang bisa kita cari solusi bersama. Sama”. Tuturnya.

Dr. Ir. Agus Pramono selaku Wakil Dekan III mengatakan bahwa sebelum terjun ke Industri mahasiswa diberikan pembekalan terlebih dahulu baik dalam bentuk sosialisasi ataupun pada pembekalan dasar yang dilakukan sebelum mahasiswa melaksanakan Magang.  “Yang terpenting adalah mahasiswa bisa melakukan improvement karena selama belajar di dalam ruangan mereka hanya belajar teoritik dan dilapangan mereka harus bisa menyesuaikan diri dengan cepat. Hal ini harus kita carikan solusi bagaimana mengatasinya dengan cepat agar ketika dilapangan mahasiwa  mahasiswa sudah punya kemampuan improvement yang bagus. Hal ini akan menjadi nilai tambah bagi almamater” jelasnya.

Menurut Dr. Ir. Supriyanto kegiatan Magang MBKM adalah salah satu jalan bagi mahasiswa untu mencapai cita-citanya. “banyak dari  mahasiswa kita awalnya magang kemudian di angkat menjadi pegawai tetap di perusahaan tersebut.  Kualitas kerja mereka sudah bisa dinilai oleh pihak perusahaan selama mereka Magang” Jelasnya. Menurutnya dengan kegiatan Monitoring ini Kinerja Mahasiswa FT Untirta bisa lebih terpantau. Kegiatan Magang MBKM ini sendiri dilaksanakan selama 6 bulan dengan mengkorversi hingga 20 SKS.