Evaluasi dan Monitoring Program Magang MBKM ke PT. KAL

Diposting pada

Cilegon,FTUntirta- Dalam rangka mensukseskan program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tektologi (Kemendikbudristek) Dr. Ir. Supriyanto selaku Wakil Dekan 1, Dr. Tech. Ir. Agus Pramono selaku Wakil Dekan 3, dan Ade Irman Saeful Mutaqin, S.ST., MT selaku Ketua Jurusan (Kajur) Teknik Industri beserta tim melakukan kunjungan ke PT. Krakatau Argo Logistik (PT. KAL) pada hari Kamis (07/10) Siang. Kunjungan ini sekaligus merupakan kegiatan monitoring dan evaluasi program magang MBKM di perusahaan tersebut. Kunjungan ini disambut baik oleh Andre Hotma Tinambunan Selaku Direktur Utama (Dirut) PT. KAL beserta jajaran.

kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan guna memantau sejauh mana perkembangan mahasiswa Fakultas Teknik di tempat mereka magang serta menjadi evaluasi juga bagi kami kedepannya dalam mempersiapkan mahasiswa yang akan melaksanakan program magang” ucap Dr. Ir. Agus Pramono selaku Wakil Dekan 3 bidang Kerjasama. Sebelumnya pimpinan Fakultas Teknik (FT) beserta tim juga telah melakukan kunjungan ke PT. Krakatau Perbengkelan dan Perawatan (PT.KPDP) dan PT. Krakatau International Port (KIP) atau yang dulu dikenal dengan PT. Krakatau Bandar Samudera (PT. KBS) pada bulan lalu.

Dalam kesempatan tersebut Dirut PT. KAL menyampaikan tanggapan positifnya tentang kinerja Aji dan Ajiz  dua orang mahasiswa jurusan Teknik Industri FT Untirta yang tengah melaksanakan magang di PT. KAL “mereka banyak membantu pekerjaan kami disini. Salah satunya yaitu ikut berkontribusi dalam mempersiapkan sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan pada Perusahaan Angkutan Umum (SMKPAU) oleh Dirjen Perhubungan Darat dan berhasil kami peroleh. PT. KAL menjadi  perusahaan logistik pertama di Banten yang memperoleh sertifikat SMKPAU karena telah memenuhi 10 elemen SMKPAU” ucap beliau.

Selain itu beliau juga berharap bahwa kedepannya akan lebih banyak lagi mahasiswa FT Untirta yang bisa melaksanakan Program Magang di PT. KAL “Tidak hanya dari jurusan Teknik Industri, tapi semua jurusan Teknik terkait bisa ikut bergabung di tempat kami terutama jurusan teknik mesin dan Teknik elektro. Disini kami menerapkan 70 persen praktek dan 30 persen teori kepada mahasiswa sehingga ilmu yang mereka dapatkan lebih sering dipraktekan dan di asah sehingga saat terjun ke dunia kerja mereka sudah memiliki modal skill yang cukup” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Aji dan Ajiz juga ikut menceritakan pegalaman mereka selama melaksanakan magang di PT. KAL. mereka mengaku nyaman dengan lingkungan kerja di PT. KAL dan mendapat banyak ilmu yang tidak mereka dapat saat di perkuliahan. Mereka mengaku nyaman dengan lingkungan kerja yang ada di PT. KAL dan sering diberikan masukan serta saran bermanfaat dalam mengerjakan sesuatu”disini kami diberikan ilmu serta masukan bermanfaatkan dan diarahkan sesuai bidang kemampuan kami masing-masing setelah sebelumnya ikut perlibat di berbagai bidang sehingga kami bisa menemukan fokus  kemampuan diri yang bisa kami kembangkan” jelas Aji salah satu mahasiswa FT Untirta yang tengah melaksanakan magang di PT. KAL.

Pihak PT. KAL juga menyampaikan pendapatnya bahwa penting bagi mahasiswa terutama para calon insinyur untuk menguasai Bahasa inggris dan kemampuan team Leadership “ini merupakan bekal dasar yang harus oleh calon insinyur muda” tambahnya.

Program Magang MBKM sendiri merupakan program Magang yang mengkorversi hingga 20 SKS dan dilaksanakan selama 6 bulan.