Masa Pandemik Covid19 P3TIK FT Untirta Gelar Wisuda Angkatan Ke-22 Secara Hybrid

Diposting pada

Program Pendidikan & Pelatihan Teknik Industri Kimia (P3TIK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) gelar wisuda secara hybrid (sebagian mengikuti dengan cara online dan sebagian lagi offline) di Aula kampus Cilegon Banten. Kegiatan dibuka oleh Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaeman, ST., MT, berlangsung dengan menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah rantai penyebaran Covid19, dihadiri oleh unsur pimpinan struktural Universitas dan Fakultas seperti diantaranya Rektor, Dekan dan Wakil Dekan bidang kemahasiswaan serta Kepala Bagian Tata Usaha FT, perwakilan kepala daerah, Presidium AMC/CMA, Presidium CAB, serta perwakilan dari perusahaan-perusahaan sponsor.

Wisuda angkatan ke-22 ini berjumlah 98 orang, 38 orang wisudawan hadir secara offline dan 60 orang hadir dengan cara online, rincian detilnya 45 orang disponsori oleh 17 orang, 44 orang mahasiswa disponsori oleh pemerintah kabupaten (Pemkab) Serang, 2 orang disponsori oleh para alumni P3TIK dan 7 orang non beasiswa, adapun pada kesempatan wisuda kali ini yang memperoleh predikat lulusan the best / terbaik memperoleh nick standish award adalah sebagai berikut Ikna Niswatuzzakiah dan Frizka RIzkiani (disponsori oleh Pemkab Serang), Muhammad Arkanurrohman (disponsori oleh PT. Krakatau Nippon Steel Synergy), Riyan Amizar wisudawan (disponsori oleh PT. Standard Toyo Polimer) memperoleh Phillip J Smee Prize, Muhammad Arkanurrohman (disponsori oleh PT. Krakatau Nippon Steel Synergy) memperoleh Lawrie Payn Medal.

Presidium AMC / CMA Ir. H. Utun Sutrisna pada kesempatan wisuda ini menyampaikan P3TIK ini merupakan program khusus pada awal pendiriannya dahulu dilatar belakangi oleh kebutuhan mendesak operator kimia pada industri-industri di Indonesia pada khususnya di kawasan Banten, memberikan kesempatan pada para peserta didik untuk mengenal dan diajarkan tentang industry kimia, menurut beliau zona industri pabrik kimia belom optimal dengan salah satu permasalahannya yakni pada proses industri, proses haruslah efektif dan efisien, untuk menyemangati para wisudawan beliau menerangkan walaupun terjadi pergantian akibat adanya revolusi industry 4.0 tetapi pada dasarnya tidak berubah sama sekali, seperti diantaranya mesin, reactor dan disolatornya tetap sama, menurutnya yang berbeda adalah cara berfikirnya bagaimana menyikapi semuanya supaya tetap efisien, efektif dan produktif. Pada akhir katanya beliau membeberkan tentang rahasia jika ingin sukses yakni haruslah menerapkan sikap disiplin pada kehidupan sehari-hari.

Mengenai P3TIK ini menurut keterangan Prof. Dr. –Ing. Asep Ridwan, ST., MT., IPM merupakan bagian dari Fakultas Teknik Untirta, selain mencetak para sarjana, kami juga mencetak lulusan diploma I sebagai teknisi industri kimia, tuturnya. Beliau menjelaskan bahwa P3TIK ini adalah program ril dari  link and match antara industri, pemerintah daerah dan lembaga pendidikan, sudah berjalan selama 22 tahun dan terbukti menjadi pilot project di Indonesia dan menjadi program andalan, para lulusannya sudah mencapai 1000 orang, hampir seluruhnya diterima / terserap dalam dunia industri, baik di dalam negeri maupun yang ada di luar negeri beberapa diantaranya di timur tengah. Pada akhir katanya beliau berkomitmen akan terus menyelenggarakan P3TIK untuk bisa berkontribusi pada negaara Indonesia pada umumnya dan Banten pada khususnya dalam mengurangi pengangguran dan menciptakan sumber daya manusia terampil dan siap bekerja.

Pada akhir acara terdapat penyematan helm secara simbolik oleh Hj. Beatrie Noviana, SH., M.Si selaku perwakilan pemerintah daerah sebagai tanda diterima dan dimulainya P3TIK angkatan ke-23. Ir. Tatang Kusmara, MM selaku ketua P3TIK menyampaikan selain wisuda terdapat acara penerimaan peserta didik P3TIK angkatan ke-23, adapun untuk penyelenggaraan wisuda berlangsung lancar dan khidmat, beliau sempat melaporkan hal yang krusial tentang proses pembelajaran pada angkatan ke-22 ini yang mana sejak bulan april 2020 mengalami pola pembelajaran dengan menggunakan daring (online), khusus pelajaran kerja praktek dilakukan dengan cara on job training secara daring juga yang dibantu oleh para alumni P3TIK yang berkerja di industry dengan dibimbing oleh para dosen internal.