Mahasiswa jurusan Teknik Kimia Sabet Medali Emas di Tingkat Internasional

Diposting pada

Cilegon,FTUntirta- Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia berhasil merebut medali emas di tingkat Internasional pada ajang 1Idea 1World Turkey Competition yang dilaksanakan secara daring. Kompetisi bergengsi tingkat Internasional ini dilaksanakan dari tanggal 23 sampai dengan 28 Februari 2021 dan diikuti oleh 23 negara dengan 731 tim. Dalam Website untirta.ac.id Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, MT selaku Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) merasa bangga dengan pencapaian yang ditoreh oleh mahasiswa Fakultas Teknik (FT) tersebut. “selamat, generasi emas indonesia untuk mewujudkan indonesia akan muncul dari mahasiswa Untirta yang memiliki daya inovasi dan kreatifitas seperti ini”.ucapnya. Prof. Fatah juga menambahkan capaian ini merupakan bukti mahasiswa Untirta dapat bersaing ditingkat internasional dan  menunjukkan dirinya mampu dan layak berkompetisi dengan negara negara yang notabene lebih maju dari Indonesia.

Mahasiswa Teknik Kimia yang berhasil menyabet Medali Emas tersebut adalah Rizka Fitria Utami (Teknik Kimia 2018) selaku ketua tim, Khoirunnisa Amartya Octaviani, (Teknik Kimia 2018) dan Berliana Tristati Putri (Teknik Kimia 2019). Menurut Keterangan Dekan Fakultas Teknik Prof. Dr.-Ing. Asep Ridwan sebelumnya tim ini juga telah menorehkan prestasi Karya Tulis Ilmiah ditingkat Regional maupun Nasional. “Sebelumnya tim ini juga pernah menorehkan prestasi ditingkat Regional maupun Nasional dan Sekarang berhasil meraih prestasi di tingkat Internasional. Ini merupakan suatu pencapaian yang luar biasa karena kita mampu bersaing dengan Negara-negara lain yang notabenenya lebih maju dari kita” Tukasnya.  

Menurut keterangan Rizka dalam untirta.ac.id informasi tentang kompetisi ini awalnya dia peroleh dari Media Sosial. “Awalnya mendapatkan informasi tentang kejuaraan ini dari instagram, lalu kami bertiga diskusikan tentang kesiapan dan  kemungkinan kami ikut serta dalam kejuaraan tersebut dan akhirnya kami memutuskan untuk mengikuti kejuaraan penelitian dan start up ini” terang Rizka. Selain itu Rizka juga menjelaskan bahwa Karya Ilmiah yang mereka ikutsertakan dalam kompetisi tersebut berjudul Pro-Colation (Propolis Collagen Hand and Body Lotion) Innovation Of Collagen Based Lotion Products As An Effort To Use Hundreds Of Waste Tons Of Black Nile Tilapia Fish Skin. Karya ilmiah ini membahas tentang pemanfaatan limbah kulit ikan nila menjadi sebuah kolagen untuk meregenerasi sel kulit mati, melembutkan, melembabkan, dan anti aging yang dicampurkan dengan hand and body lotion dari bahan alami khususnya untuk meremajakan kulit tangan dan kaki. Karya Ilmiah merupakan lanjutan dari Karya Ilmiah yang sebelumnya tim mereka kembangkan.

Menurut keterangan Dekan Fakultas Teknik, FT Untirta memiliki target yaitu dapat menorehkan penghargaan di tingkat Internasional minimal 1 penghargaan tingkat Internasional dalam 1 semester. “hal ini suatu kebanggaan karena memang telah memenuhi salah satu target Fakultas Teknik dan target ini tercapai di awal semester”ucap beliau. Beliau juga menambahkan bahwa hal ini juga merupakan salah satu bentuk dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). “Disini mahasiswa memfokuskan diri pada Riset yang mereka lakukan dan berhasil meraih penghargaan. Hal ini mendukung salah satu program MBKM dari Kemdikbud yang mana mahasiswa bisa memilih bidang apa yang mereka sukai dan bisa merasakan pengalaman langsung diluar kampus sehingga saat lulus mereka sudah memiliki pengalaman dan bekal yang cukup untuk terjun di dunia kerja.” jelasnya.

Beliau berpesan kepada mahasiswa yang belum berhasil memenangkan penghargaan agar tidak menyerah dan terus berusaha. “kepada mahasiswa kami yang  belum, tetap berusaha dan jangan putus semangat. Kami dari pihak Fakultas dan universitas siap mendukung iklim kompetisi yang positif kita akan support baik dari sisi pendanaan, fasilitas dan hal-hal lain yang diperlukan”ucap beliau.