Tandatangani PKs, FT Untidar Kunjungi FT Untirta

Diposting pada

Cilegon, FTUntirta – Dalam rangka menjalin silaturahmi antar Fakultas Teknik, Selesa (09/11) Dr. Ir. Sapto Nisworo, M.T. selaku Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Ibrahim Nawawi, S.T., M.T. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Bagus Fatkhurrozi, S.T., M.T. selaku Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan beserta tim yang berjumlah 11 orang berkunjung ke kampus Fakultas Teknik (FT) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta).  Kunjungan ini disambut baik oleh Prof. Dr.-Ing. Ir. Asep Ridwan, ST., MT., IPM selaku Dekan FT Untirta beserta jajaran di Ruang Auditorium lantai 2 Gedung Dekanat kampus FT Untirta.

Kunjungan tersebut sekaligus juga merupakan acara penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKs) antara FT Untidar dan FT Untirta.  Menurut keterangan Dr. Tech. Ir. Agus Pramono Selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni Serta Kemitraan FT Untirta sebelumnya FT Untidar dan FT Untirta sudah menjalin kerjasama. “Sebelum ini FT Untidar dan FT Untirta juga sudah memiliki kerjasama yakni pertukaran pelajar tetapi lingkupnya lebih kecil” ucap beliau. Beliau juga menambahkan bahwa kerjasama kali ini ruang lingkupnya lebih luas. “Pada kesempatan ini ruang lingkup kerjasama akan kita fokuskan pada Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) khususnya Pertukaran Pelajar yakni belajar di PTN lain selama 6 bulan minimal 20 SKS.” Jelas beliau.

Dr. Ir. Supriyanto Selaku Wakil Dekan bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset juga mengatakan bahwasanya sekarang ini Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di arahkan untuk saling menjalin kerjasama khususnya dalam mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) PTN. “Salah satu diantara IKU PTN yang harus dicapai yaitu bekerjasama dengan mitra dan berkegiatan MBKM. MBKM memiliki 8 kegiatan dan salah satu kegiatannya yaitu Pertukaran Mahasiswa” Ucap beliau. Beliau juga menambahkan bahwa kedua belah pihak sepakat untuk mencapai IKU PTN maka mekanisme pertukaran mahasiswa yang sudah berjalan disesuikan agar bisa mencapai IKU PTN. “pada pertukaran pelajar sebelumnya sudah dilaksanakan itu hanya satu mata kuliah dengan nilai 3 SKS. Ini masih tidak mencukupi untuk mencapai IKU PTN. Pada kesempatan ini kita sesuaikan agar bisa mencapai IKU PTN. Mahasiswa bisa kuliah di PTN lain dengan minimal 20 SKS selama satu semester” Jelas beliau. Beliau berharap kerjasama ini bisa membantu FT Untirta dan FT Untidar mencapai IKU 2 PTN sekaligus IKU 3 yaitu Dosen berkegiatan diluar kampus.