Pelatihan Operator Mesin & Alat Uji Petrokimia

Diposting pada

 

Center of Excellence (CoE) Industri Petrokimia FT. UNTIRTA bekerja sama dengan Dirjen Industri Kimia Tekstil dan Aneka (IKTA) mengadakan 5 paket Pelatihan Operator Mesin Proses Produksi dan Alat Pengujian di Lab Polimer dan Lab alat uji CoE Industri Petrokimia pada tanggal 5 s.d 8 September 2017. Adapun 5 pelatihan tersebut adalah:

  1. Pelatihan operator skrap plastik
  2. Pelatihan operator mould plastik
  3. Pelatihan operator lapisan film plastik
  4. Pelatihan operator mekanikal dan elektrikal
  5. Pelatihan operator alat pengujian

Para peserta pelatihan terdiri dari akademisi, praktisi, dan instansi pemerintah. Akademisi terdiri dari dosen-dosen dan para teknisi laboratorium di Fakultas Teknik Untirta. Para praktisi terdiri dari industri yang tergabung dalam INAPLAS seperti PT. Candra Asri, PT Nippon Shokubai Indonesia, dsb. Sedangkan instansi terdiri para staf di Kemenperin RI Dirjen IKTA, Balai Besar Kimia Kemasan, Balai Besar Logam Mesin, dan Balai Besar Barang Teknik. Para instruktur terdiri dari para pakar sekaligus praktisi di bidang plastic seperti dari Asosiasi Industri Petrokimia (INAPLAS).

Untirta dan Kemenperin RI sepakat untuk meningkatkan jumlah pelatihan maupun kegiatan lain yang berhubungan dengan industri kimia secara umum. Pelatihan-pelatihan ini sebagai awal yang baik dalam pengoptimalan gedung CoE di tahun ini. Gedung CoE Industri petrokimia digunakan untuk pelatihan-pelatihan dan riset-riset ilmiah. Industri-industri petrokimia yang ada di Anyer-Merak-Cilegon menyambut baik pelatihan ini sebagai mitra dalam meningkatkan performance industry petrokimia di Indonesia. Untirta dalam hal ini diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Fatah Sulaiman menyatakan kolaborasi dan sinergisitas antara Kemenperin RI dan UNTIRTA dalam hal ini Fakultas Teknik UNTIRTA harus terus diwujudkan sebagai bagian dari penyiapan kompetensi sumber daya manusia yang handal. Direktur Industri Kimia Hulu, Ir. Muhammad Khayam, MT. menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan Trainer of Trainer (TOT) agar semakin banyak yang mampu mengoperasikan peralatan yang ada di Laboratorium Polimer CoE dan Laboratorium Pengujian Industri petrokimia Cilegon-Banten. Hadir dalam pembukaan acara pelatihan ini, Bapak Dekan Fakultas Teknik Untirta, Dr. Eng. A. Ali Alhamidi, MT. dan Direktur Eksekutif CoE Industri Petrokimia Dr.-Ing. Asep Ridwan, MT.

Mesin-mesin yang ada di Laboratorium Polimer CoE Industri Petrokimia Cilegon-Banten terdiri dari :

  1. Mesin Injection Molding
  2. Mesin Skrap Plastik (2 buah)
  3. Mesin Lapisan Film Plastik (2 buah)
  4. Mesin Compound System

Sedangkan peralatan pengujian yang ada di Laboratorium Pengujian CoE Industri Petrokimia Cilegon-Banten terdiri dari :

  1. Universal Testing Machine (UTM)
  2. Spectrophotometer
  3. Melt Flow Indexer (2 buah)
  4. Sieve Shaker
  5. Autoclave
  6. Digital Micrometer
  7. Infra Red Thermometer
  8. Glassware
  9. Gas Burner

Adapun bahan baku yang digunakan untuk mesin di laboratorium polimer dan laboratorium pengujian terdiri dari : PP (Polypropilene), HDPE (High Density Polyethilene), dan Recycle Plastic Bottle.