WORKSHOP KURIKULUM FT UNTIRTA

Diposting pada

Pada tanggal 25 – 26 September 2017, Fakultas Teknik Untirta telah mengadakan kegiatan Workshop Kurikulum di Anyer. Kegiatan workshop ini dihadiri oleh seluruh Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Kepala Laboratorium,  Tim Gugus Penjaminan Mutu Fakultas (GPM), Tim  Gugus Kendali Mutu (GKM) Jurusan  serta Ketua Kurikulum Jurusan. Adapun pembicara dalam kegiatan ini adalah Dr. Ir. Feri Kusnandar, M.Sc dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan – IPB yang berpengalaman dalam menyusun kurikulum beserta perangkat pendukung kurikulum. 

Workshop kurikulum  dibuka oleh Wakil Dekan II Bapak Sunardi, ST., M.Eng tepat pukul 09.00. Dalam sambutannya, Bapak Sunardi meminta kepada Peserta Workshop untuk dapat memanfaatkan kegiatan ini seoptimal mungkin untuk kemajuan Fakultas Teknik karena Kurikulum merupakan inti dari kegiatan Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi. Setelah itu penyampaian materi dimulai dengan moderator Bapak. Dr. -Ing Anton Irawan, ST.,MT. Tataletak meja di dalam ruangan sudah dibagi setiap jurusan dengan harapan terjadi interaksi antara peserta di dalam jurusan masing – masing. Sebelum pelaksanaan kegiatan ini, GPM telah meminta kepada setiap Jurusan untuk menyusun profil lulusan serta learning outcomes untuk dievaluasi terlebih dahulu oleh Pembicara. Adapun materi pertama yang disampaikan berhubungan dengan  bagaimana merumuskan profil lulusan dan learning outcomes program studi dalam konteks KKNI. Kemudian dilanjutkan dengan materi kedua tentang bagaimana menjabarkan learning outcomes,bahan kajian, matakuliah dan struktur kurikulum.  Adapun materi terakhir disampaikan tentang metode pembelajaran dan metode assessment pembelajaran. Adapun tahapan selanjutnya adalah melakukan tugas penyusunan profil lulusan, program learning outcomes, bahan kajian serta matakuliah. Pada saat penyusunan ini, Pembicara melakukan coaching dengan mengeliling meja -meja dari setiap peserta workshop. Kegiatan tugas mandiri untuk setiap jurusan berakhir pada pukul 21.15 untuk besoknya dilakukan presentasi hasil diskusi masing – masing jurusan dalam bentuk power point.

Kegiatan hari kedua diawali dengan presentasi hasil diskusi tim kurikulum masing-masing Jurusan dengan diawali oleh Jurusan Teknik Industri. Dr.-Ing Anton Irawan, ST. MT menjelaskan terlebih dahulu system diskusi yang akan berlangsung yaitu Presentasi dilakukan oleh Ketua Jurusan masing – masing kemudian dilanjutkan dengan sesi tanggapan dari 2 jurusan dan diakhiri dengan tanggapan dari Bapak Feri Kusnandar. Sesi presentasi dimulai dari Jurusan Teknik Industri dengan mengambil Profil lulusan Teknik Industri sebagai PPIC di Industri dan ditanggapi oleh Jurusan Teknik Elektro dan Teknik Metalurgi. Selanjutnya presentasi dari Jurusan Teknik Elektro dengan mengambil Profil lulusan Insinyur Telekomunikasi dan ditanggapi oleh Jurusan Teknik Metalurgi dan Teknik Kimia. Pada saat presentasi banyak terjadi interaksi khususnya melakukan Analisa profil lulusan dengan kondisi lulusan yang sudah bekerja. Adapun profil lulusan yang dimaksud adalah lulusan fresh graduate tanpa tambahan pelatihan lanjut diterima di tempat kerja sehingga penggaruh dari kurikulum sangat besar dalam penerimaan lulusan baru tersebut.

Sebelum dilakukan penutupan pada siang hari, Bapak Feri Kusnandar memberikan materi singkat perihal pendamping ijazah, sertifikat mata kuliah dan transkrip ekstra kurikuler mahasiswa. Dengan adanya dokumen – dokumen tambahan tersebut akan membantu lulusan untuk diserap di dunia kerja secara cepat. Setelah penyampaian materi tersebut, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswa berkenan untuk memberikan tanggapan atas penyampain materi tentang pendamping ijazah karena ada keingina besar untuk bisa direalisasikan di FT Untirta. Kemudian Bapak Wakil Dekan III berkenan menutup kegiatan Workshop Kurikulum tersebut dan berpesan untuk jurusan – jurusan yang berpeluang mendapatkan akreditasi A untuk mempersiapkan borang akreditasi dengan baik.