KULIAH UMUM KEMENPERIN RI

Diposting pada

Acara yang dilaksanakan di gedung Aula FT Untirta. Acara yang di hadiri oleh Dekan FT Untirta Dr. Eng. A. Ali Alhamidi, S.T., M.T, para dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa/i di lingkungan Untirta dan para ahli yang berkompeten dibidangnya ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat terkait tentang dampak kesehatan dan lingkungan akibat penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya. 

Acara di buka oleh Dekan FT Untirta sekaligus memberikan sambutan. Dalam akhir sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama yang sudah terbangun antara Untirta, UNDP dan Kemenperin RI, semoga terus berjalan dengan baik dalam kerjasama berbagai hal. Beliau juga sangat berterima kasih dengan adanya sosialisasi ini semakin memberikan kesadaran dan wawasan mengenai bahan-bahan kimia berbahaya, dampak negatif dari bahan-bahan berbahaya tersebut serta bagaimana kedepan mengenai penanggulangan dan pencegahannya.

Kemudian acara pemaparan materi dari Kapuslitbang IHLH Kemenperin, Ir. Teddy Caster Santuri, MA mengenai Kebijakan Kemenperin tentang POPs (PBDEs) untuk Mendukung Industri Ramah Lingkungan. Selanjutnya pemaparan tentang Flame Retardant (Bahan Pelambat Nyala) dan produk-produk yang mengandung Flame Retardant di sampaikan oleh Dr. Anton Irawan, Untrita. Dilanjutkan Dr. Asmuwahyu Saptorahardjo dari PT. Inter Aneka Lestari Kimia yang memaparkan tentang Penggunaan Bahan PBDEs di Industri Plastik dan Isu Terkait PBDEs, serta Dr. Harianto Ludirdja, MS., Sp.Ok (PERDOKI) yang memaparkan mengenai Dampak Bahan Kimia Berbahaya Terhadap Kesehatan.

Setelah selesai pemaranan-pemaparan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi yang dimoderatori oleh Dhena Barleany, S.T., M.Eng. Diakhir acara Kemenperin memberikan kesimpulan, sekaligus sebagai acara penutup sesi foto bersama dengan para narasumber dan peserta.