Pimpinan Fakultas Teknik Untirta Lakukan Monitoring Mahasiswa Magang

Diposting pada

Pada tanggal 4 November 2020, Pimpinan Fakultas Teknik (FT) Untirta yang dipimpin langsung oleh Prof. Asep Ridwan selaku Dekan FT Untirta melakukan kunjungan ke PT. Krakatau Agro Logistik (KAL) di Kawasan PT. Krakatau Posco (PTKP) Cilegon. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan monitoring pelaksanaan magang sebagai implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Kunjungan diterima langsung oleh David Rahadian selaku Direktur Utama (Dirut) PT. KAL. Pelaksanaan magang di PT. KAL ini merupakan implementasi pertama kebijakan MBKM di Untirta setelah peluncuran Buku Panduan MBKM pada Agustus 2020. Fakultas Teknik Untirta mengirimkan 2 orang mahasiswanya ke PT. KAL untuk magang selama 6 bulan.

Di masa pandemi Covid-19 ini, semua tamu yang memasuki kawasan perusahaan PTKP harus mematuhi protokol kesehatan. Dekan Fakultas Teknik Untirta beserta Wakil Dekan yang ikut harus mengikuti rapid test antigen di area parkir luar PTKP. Setelah hasil test keluar dan dinyatakan negatif, maka tamu dapat memasuki kawasan PTKP. Pada saat Pimpinan FT tiba di PT. KAL, Dirut PT. KAL sedang memberikan kuliah pada karyawan termasuk peserta magang dari Fakultas Teknik Untirta. Beliau bercerita bahwa setiap pekan ada kegiatan sharing session dari karyawan. Senin lalu (2/11) mahasiswa magang dari FT Untirta yang menyampaikan sharing.

Pada kesempatan tersebut, Ruliyanto yang selama memproses mahasiswa mempresentasikan pelaksanaan magang di PT. KAL, mulai dari seleksi hingga penentuan kelulusan. Dalam presentasinya, Ruliyanto menyampaikan bahwa dua orang mahasiswa FT Untirta yang sedang magang dapat menunjukkan kinerja yang bagus. Untuk lebih meyakinkan, Dr. Supriyanto selaku Wakil Dekan 1 meminta kedua mahasiswa tersebut untuk menyampaikan testimoni pengalaman selama magang di PT. KAL.

Kedua mahasiswa tersebut mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Pimpinan FT Untirta dan Pimpinan PT. KAL yang telah memberikan kesempatan magang bagi mereka. Keduanya merasa sangat beruntung bisa ikut magang, banyak pengetahuan baru yang diperoleh selama magang. Selain mendapat teori, mereka juga dilatih untuk manajemen waktu dalam mengerjakan berbagai tugas dari perusahaan. Kegiatan di perusahaan yang padat menjadikan mereka semakin disiplin.

Di akhir kunjungan, Dirut PT. KAL menunjukkan aplikasi IT yang dimiliki oleh PT. KAL yang diberi nama Supply Chain 4.0. Aplikasi ini dapat memonitor keberadaan armada truck pengangkut logistik. Monitoring bersifat real time yang meliputi lokasi truck, kecepatan trcuk, dan lainnya yang dapat dipantau melalui jaringan Internet. Dengan demikian beliau dapat memonitor armadanya dari mana saja dan kapan saja.

Kunjungan ditutup dengan foto bersama, yang diikuti oleh Pimpinan Fakultas Teknik sebagai tamu, Direksi PT. KAL, dan mahasiswa peserta magang. Semoga pelaksanaan magang berjalan dengan baik, dan memberi manfaat pada mahasiswa peserta, PT. KAL sebagai tempat magang, dan tentunya bagi Fakultas Teknik Untirta sebagai PTN pengirim mahasiswa magang. (Supriyanto)