Persiapkan Pembelajaran Daring di Semester Genap, FT Untirta Adakan Pelatihan SPADA

Diposting pada

Cilegon,FTUntirta-Fakultas Teknik (FT) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) kembali mengadakan Pelatihan Sistem Pembelajaran Daring atau yang biasa dikenal dengan SPADA. Pelatihan ini dilakukan guna mengoptimalkan pembelajaran Daring yang masih akan berlangsung selama Semester Genap yang akan datang. Pelatihan yang juga menghadirkan salah satu Narasumber dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untirta ini diikuti oleh seluruh Dosen di Lingkungan Fakultas Teknik. Pelatihan ini dilakukan secara Daring pada hari Kamis, 25 Februari 2021.

Dalam sambutannya, Prof. Dr.-Ing. Asep Ridwan, ST., MT selaku Dekan Fakultas Teknik turut menyampaikan rasa prihatin dengan perkembangan Covid-19 yang tidak kunjung mereda. Beliau juga menegaskan kepada para Dosen agar sebisa mungkin jangan kekampus jika tidak ada kepentingan. Dan juga dalam kesempatan tersebut beliau juga meluruskan kesalahpahaman tiap Dosen tentang SPADA. Menurutnya SPADA juga merupakan salah satu Platform Learning Management System (LMS) yang wajib digunakan. “Untuk meetingnya dipersilahkan menggunakan Zoom Meeting, Google Meet ataupun yang lainnya, tetapi setiap pertemuan yang dilakukan harus tercatat di SPADA, jangan sampai tidak” terangnya. Beliu juga menegaskan bahwa untuk kedepannya para Dosen diwajibkan menggunakan SPADA, hal ini sesuai dengan arahan dari Rektor Untirta. Beliau juga mengatakan bahwa di lingkungan Fakultas Teknik baru sekitar 70 persen yang sudah menggunakan SPADA.

Beliau berharap pembelajaran Daring meggunakan SPADA di Fakultas Teknik bisa lebih dimaksimalkan “hal ini sesuai dengan SOP Pembelajaran Daring di Fakultas Teknik Untirta” ucapnya.

Dr. Supriyanto selaku Wakil Dekan 1 menyampaikan bahwa tugas Dosen tidak hanya mengajar, tetapi juga perlu mempersiapan keperluan PBM sebelum kegiatan PBM dimulai. “Nanti para Dosen akan menerima surat tugas yang mana secara informal juga sudah disampaikan melalui rapat jurusan. Selain itu para dosen juga perlu mempersiapkan RPS dan juga bahan ajar”. Ucapnya. Beliau berharap dengan kembali diadakannya Pelatihan SPADA ini bisa membuat penggunakan SPADA di Lingkungan Fakultas Teknik bisa lebih ditingkatkan.

Sebagai informasi tambahan, menurut dikti.kemdikbud.go.id SPADA juga diperkaya dengan tautan sumber-sumber pembelajaran internasional dari Hardvard, Coursera, Google Academy serta sumber internasional lainnya.