FT Untirta-PT. STT Adakan Sertifikasi Kompetensi Bidang Ketenagalistrikan

Diposting pada

Cilegon, FTUntirta- Guna meningkatkan Kompetensi Lulusan Fakultas Teknik (FT) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), FT Untirta bekerjasama dengan PT. Sentra Teknologi Terapan (STT) mengadakan Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi Ketenagalistrikan Bidang Pembangkit, Transmisi, Distribusi dan Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (IPTL) yang dilaksanakan secara Daring pada hari Rabu (31/03) via Zoom Meeting. Adapun yang bertindak sebagai pengisi materi sosialisasi adalah Direktur Utama PT. STT Dr. Ir. Pawenary, M.T .,IPM., MPM.
Selain Lulusan Baru Sertifikasi Kompetensi ini juga dibuka untuk Mahasiswa maupun Dosen di Lingkungan Fakultas Teknik Untirta. Menurut Prof. Dr.-Ing Asep Ridwan selaku Dekan Fakultas Teknik dalam pembukaan acara, Sertifikasi Kompetensi ini merupakan kegiatan yang sangat penting karena sesuai dengan Indikator Kinerja Utama yang ditargetkan oleh Fakultas Teknik. “Hal ini sesuai dengan Indikator Kinerja Utama yang kita targetkan yaitu lulusan FT Untirta yang bisa langsung bekerja. Dengan adanya pembekalan berupa Sertifkasi Kompetensi ini Mahasiswa bisa siap bekerja. Indikator yang kedua yaitu kegiatan ini bisa membantu Indikator Kinerja Utama (IKU) Dosen yaitu memiliki Sertifikasi Kompetensi khususnya untuk lulusan Doktor” Ucapnya.


Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik Dr.-Tech Agus Pramono menyebutkan bahwa Untuk biaya Sertifikasi Kompetensi ini merupakan Program Subsidi oleh Pemerintah sehingga lebih terjangkau dari biaya Sertifikasi pada umumnya “Untuk biayanya mendapat Subsidi sehingga lebih murah. Setelah di Subsidi biayanya kurang lebih 500 ribu sampai 800 ribu an. Jika tidak mendapat Subsidi biasanya lebih mahal kisaran 8 sampai 10 kali lipat dari harga ini” ucap beliau. Terakhir beliau menyebutkan bahwa pertama-tama mahasiswa yang berminat mengikuti Sertifikasi Kompetensi akan dikumpulkan dalam satu grup Media Sosial kemudian dipisahkan sesuai dengan Kompetensi masing-masing.
Dekan Fakultas Teknik Berharap di masa Pendemi ini Sivitas FT Untirta bisa tetap produktif untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU). “Ada 8 IKU yang wajib PTN kejar, dan semoga kita bisa memenuhi semua target tersebut”Tutupnya.