Fakultas Teknik Untirta Adakan Workshop Persiapan Akreditasi Internasional dan Kurikulum OBE

Diposting pada

Cilegon, FTUntirta- Fakultas Teknik (FT) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) targetkan Akreditasi Internasional dan Kurikulum OBE. Demi mencapai hal tersebut semua persiapan dan sosialisasi kepada setiap Program Studi perlu dilakukan, salah satunya yaitu kegiatan Workshop dengan tema “Akreditasi Internasional dan Kurikulum OBE (Outcome-Based Education)” yang diadakan oleh Tim Gugus Penjamin Mutu FT Untirta pada hari Rabu (02/06) di ruang Auditorium Gedung Dekanat lantai 2 dan Daring via Aplikasi Zoom Meeting.

Menurut keterangan Dr. Ir. Supriyanto selaku Wakil Dekan 1 bidang Akademik, saat ini FT Untirta sedang membenahi kurikulum agar bisa direvisi menjadi kurikulum OBE “Kurikulum yang kita pakai saat ini kurikulum 2019, Kurikulum ini memang sudah ada format OBE nya tetapi belum full tampak, maka dengan adanya workshop ini nanti akan kami adakan revisi dulu, hasil revisi ini kami harap bisa siap dan bisa dipergunakan di semester depan.” Jelas beliau.

Acara Workshop tersebut menghadirkan dua orang pemateri yakni Narasumber pertama yaitu Dr. Eng. Muhammad Isran Ramli, ST., MT dari Universitas Hasanudin yang membahas seputar Akreditasi Internasional di Perguruan Tinggi. Sebelumnya beliau juga pernah memimpin Program Studi (Prodi) yang sudah Terakreditasi Internasional dan juga merupakan tim Audit kesiapan Prodi dalam mengadopsi Kurikulum Internasional. Narasumber kedua adalah Dr. Ir. Supriyanto, ST., M.Sc., IPM Wakil Dekan 1 FT Untirta “para kajur diharapkan tahu bahwa ketika Akreditasi Internasional Kurikulum yang digunakan adalah OBE full. Disini saya sebagai Narasumber kedua menjelaskan tentang Kurikulum OBE, bagaimana menformatnya dan dokumen apa saja yang perlu ditampilkan di dokumen kurilkulumnya. Harapannya setelah ini setiap jurusan bisa menyampaikan Kurikulum revisiannya dan kita bisa menerbitkan buku Kurikulum Fakultas Teknik Edisi 2019” jelas Wakil Dekan 1 FT Untirta.

Untuk tahap awal Kurikulum Internasional Fakultas Teknik Untirta akan mendahulukan pada jurusan Teknik Industri, Teknik Kimia dan Teknik Elektro. Wakil Dekan 1 juga membahkan bahwa setelah semua dokumen terkumpulkan akan diadakan Assesment Kesiapan “Dengan Assesment Kesiapan baru bisa diketahui kesiapan masing-masing prodi sudah berapa persen. Jika selain 3 prodi tadi ada yang lebih siap maka itulah yang akan kita prioritaskan” terang beliau.