Sosialisasi Pengolahan dan Pemilahan Sampah Plastik Terpadu Berbasis Circular Ekonomy

Diposting pada

Sosialisasi Pengolahan dan Pemilahan Sampah Plastik Terpadu Berbasis Circular Ekonomy di kota Cilegon serta Pelatihan Bank Sampah Digital (Bank Sandi) yang dilaksanakan di Kampus Fakultas Teknik Untirta. Acara ini diinisiasi oleh Tim Kedaireka Matching Fund 2021 Untirta yang diketuai oleh Dr. Rahmayetty, ST., MT. bekerjasama dengan PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk.
Acara ini diikuti oleh warga perwakilan tiap kecamatan di kota Cilegon, yaitu Kecamatan Cibeber, Kecamatan Cilegon, Kecamatan Citangkil, Kecamatan Ciwandan, Kecamatan Gerogol, Kecamatan Jombang, Kecamatan Pulomerak dan Kecamatan Purwakarta. Kegiatan ini dilangsungkan selama empat hari yaitu dari tanggal 7 s.d 10 Desember 2021 dengan masing-masing hari diikuti oleh 2 Kecamatan dengan menerapkan protokol kesehatan.
Menurut Dr. Rahmayetty selaku ketua tim, acara ini bertujuan untuk meminimalisir sampah plastik yang ada di kota Cilegon. “Hal ini memerlukan kerjasama antara perguruang tinggi, masyarakat, industri serta pemerintah kota” Tuturnya. Kegiatan tersebut sekaligus bertujuan untuk meningkatkan nilai guna sampah plastik sehingga mengurangi sampah plastik yang sampai ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).
Guna mewujudkan hal tersebut Tim Kedaireka Untirta yang diketuai oleh Dr. Rahmayetty membuat aplikasi Bank Sampah Digital (Bank Sandi) yang mana melalui aplikasi ini masyarakat bisa menukar sampah bernilai tinggi dengan uang yang akan tersimpan di akun Bank Sandi masing-masing pengguna dan bisa mencairkannya minimal transaksi Rp 100 ribu rupiah melalui Bank Sandi Unit Mitra terdekat. Aplikasi ini bisa diunduh melalui ponsel via Play Store bagi pengguna Android.