Reakreditasi Jurusan Teknik Elektro

Diposting pada

Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Universitas Sultan Ageng Tirtaya (Untirta) sedang melakukan reakreditasi, kegiatan ini dijadwalkan berlangsung selama 2 hari dimulai dari tanggal 20 sampai dengan 21 November 2020, adapun asesor badan akreditasi nasional perguruan tinggi (BAN-PT) yang melakukan asesmen lapangan secara virtualnya yakni adalah Prof. Dr. Ir. Andani, MT dari Universitas Hasanudin dan Dr. Ir. Lie Jasa, MT dari Universitas Udayana.

Reakreditasi jurusan teknik elektro ini ditargetkan memperoleh nilai yang unggul (A) dan bahkan seluruh jurusan yang ada di lingkungan FT Untirta pula ditargetkan untuk bisa berakreditasi A, pada kesempatan ini reakreditasi masih menggunakan metode yang lama, memakai borang 7 standar dan seluruh sivitas FT Untirta baik dimulai dari para unsur pimpinan, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa melakukan usaha yang terbaik guna mewujudkan akreditasi jurusan teknik elektro yang unggul. “Reakreditasi teknik elektro ini merupakan yang kedua di masa kami memimpin, reakreditasi masih menggunakan metode yang lama, memakai borang 7 standar, harapannya memang ini menjadi satu jurusan yang bisa berkontribusi mencapai target akreditasi unggul dan kami optimis teknik elektro ini berakreditasi A, karena target kita di tahun 2020 ini ada satu jurusan yang berakreditasi A, sehingga target 2 jurusan berakreditasi A terwujud. Selama 4 tahun kedepan kami menargetkan seluruh jurusan memperoleh akreditasi A”, tutur Prof. Dr. –Ing. Asep Ridwan, ST., MT., IPM selaku Dekan FT Untirta. “Tadi kita sudah presentasikan kepada para asesor tentang keunggulan teknik elektro dan fakultas, 4 tahun capaian prestasi yang sudah dilakukan, perkembangan sumber daya manusia (SDM) pengajar yang ada dan yang baru pulang pendidikan berjenjang doktor, pengembangan lab riset, mempunyai lokasi yang strategis, tadi kita juga berhasil meyakinkan asesor sehingga nilai yang memadai menjadi sangat memadai, menyajikan supporting data yang mendukung, menyampaikan informasi-informasi terbaru sehingga update dan terupgrade”, tambahnya.

Adapun menurut keterangan sekretaris jurusan (Sekjur) teknik elektro Masjudin, ST., MT bahwasanya jurusannya telah mempersiapkan reakreditasi ini selama 1 tahun lamanya, sejak tahun 2019 sudah melakukan pengisian borang, beliau menyebutkan selama melakukan persiapan tidak ditemukan kendala apapun karena seluruh dosen yang ada di jurusannya berlaku kooperatif, bahu membahu saling membantu menyusun borang yang telah ditetapkan oleh BAN-PT, pada akhir katanya beliau menyampaikan harapannya semoga jurusan teknik elektro ini memperoleh nilai akreditasi yang unggul dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu proses reakreditasi ini.

Pada hari pertama para asesor membahas/mengkonfirmasi borang standar 1 sampai dengan standar 4, pada hari kedua dijadwalkan akan mengkonfirmasi borang standar 5 sampai dengan standar 7. Menurut keterangan dari salah satu asesor yakni Dr. Ir. Lie Jasa, MT nilai akreditasi jurusan teknik elektro Untirta ini akan keluar setelah 2 minggu proses aksesmen lapangan ini.