FT Untirta-FT Unila Luncurkan Program Permata-Kita 2021

Diposting pada

Cilegon, FTUntirta- Unila – FT Untirta resmi meluncurkan Program Permata-Kita 2021 secara Hybrid pada hari Rabu (17/02) dan ofline diadakan di Unila, Lampung. Program Permata-Kita merupakan program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk pertukaran Mahasiswa dalam bidang akademik secara Nasional dan merupakan program pertukaran mahasiswa tanah air yang dikelola berdasarkan PKS Dekan FT Unila dan FT Untirta, mulai Semester Genap 2020/2021.

Acara launching yang diadakan secara Hybrid ini dihadiri Oleh Pimpinan dari kedua Universitas seperti Rektor Universitas Lampung (UNILA) yang diwakilkan oleh Prof. Dr. Heryandi, S.H., M.S. selaku Wakil Rektor bidang Akademik Unila dan Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT Selaku Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), Prof. Dr. Ing. Asep Ridwan, ST., MT., IPM selaku Dekan FT Untirta dan Prof. Drs. Suharno, M.Sc., Ph.D., ASEAN Eng selaku Dekan FT Unila, juga turut hadir para Wakil Dekan dan Pimpinan dari masing-masing Universitas Serta Ketua Teknik BKS PTN Barat. Dari pihak Unila sendiri mengikuti acara ini secara ofline langsung dari Lampung dengan mengikuti Ptotokol Kesehatan dan Pihak Untirta mengikuti acara ini secara Online melalui Platform Zoom Meeting. Acara ini juga disiarkan secara langsung melalui channel Yotube Engunila Production.

Wakil Dekan bidang akademik dan kerjasama Irza Sukmana, ST, MT, Ph.D. mengatakan bahwa Program Permata kita 2021 bisa menjadi salah satu wadah bagi kedua Universitas serta mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama PTN dimana salah satu nilai ukurnya adalah berapa banyak jumlah mahasiswa yang belajar diluar kampus. “Program ini akan berbasis pada tiga prodi yang aktif, prodi teknik Sipil, teknik mesin dan teknik elekto. tetapi selain yang 3 itu, program ini juga menawarkan mata kuliah dari podi lain sehingga dari FT Unila terdapat Sembilan prodi yang ditawarkan serta ada 4 prodi dari FT Untirta dengan lebih dari 100 mata kuliah yang ditawarkan” Ucap beliau.

Rektor Untirta memandang bahwa persiapan pelaksanaan program sudah sangat baik dengan tersedianya informasi yang detail dan jelas mengenai mekanisme pendaftaran dan pelaksanaan program di website resmi maupun di Media Sosial. Ia berharap akan ada lebih banyak program studi yang dapat terlibat di kemudian hari. “Saya rasakan niat baik diajak bersama-sama maju. Kami dengan lapang terbuka siap menguatkan dan memajukan Unila dalam konteks kolaborasi perguruan tinggi ini.” Ucapnya.

FT Untirta dan FT Unila menggencarkan penyebaran informasi tentang program ini. Menurut Humas Untirta dalam Untirta.ac.id, Hal ini juga menuai pujian dari Rektor Untirta “Atas nama institusi, kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas inisiatif yang luar biasa dari Fakultas Teknik Unila dan Untirta untuk merespon mandatori implementasi kampus merdeka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dari sisi target dan tujuan tentu ada semangat bersama. Bukan semangat kompetitif, tetapi kolaborasi” Ujarnya.

Dekan FT Untirta Prof. Dr. Ing. Asep Ridwan mengatakan bahwa Program Permata-Kita menjadi andalan bagi FT Untirta untuk mencapai target program Merdeka Belajar Kampus Merdeka “pertukaran pelajar merupakan salah satu andalan kami karena dari 8 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Pertukaran Pelajar adalah peluang paling besar bagi mahasiswa untuk mengambil banyak SKS adalah dari program Pertukaran Pelajar” Ungkapnya.

Fakultas Teknik mentargetkan 50 Mahasiswa untuk mengikuti Program Permata-Kita 2021, terutama dari jurusan Teknik Elektro, Teknik Sipil dan Teknik Mesin. “Meskipun ini merupakan program pertama kali, semoga segala macam hambatan bisa terminimalisir dan tidak menjadi hambatan. Semoga Program ini akan terus berlanjut untuk semester-semester selanjutnya karena dengan adanya program ini Mahasiswa juga bisa merasakan pengalaman di ajar oleh dosen dari Unila, tidak hanya dari Untirta” Ucap Beliau.

Wakil Dekan 1 FT Untirta, Dr. Supriyanto, ST., M.Sc., IPM selaku Penanggung Jawab Tim Untirta mengatakan bahwa Program Permata-Kita berbeda dengan Program Permata Sari yang lingkupnya Universitas dan Mata Kuliah yang ditawarkan lebih kepada MK umum. Program Permata-Kita yang lingkupnya adalah Fakultas menawarkan Mata Kuliah yang lebih khusus dan terfokus ke Prodi masing-masing.

Selain itu beliau juga ikut menyampaikan harapannya. “saya berharap kegiatan ini berjalan dengar lancar dan kedepannya program ini tidak hanya sebatas di Fakultas Teknik saja tetapi juga dengan Fakultas-Fakulta lainnya.” Ucapnya.

Untuk informasi tambahan program ini akan dimulai pada tanggal 15 Maret 2021 dan mahasiswa yang ingin mengikuti Program Permata-Kita dapat mendaftarkan diri pada laman http://bit.ly/PendaftaranPermata-Kita2021