Pembukaan Pelatihan FGA Kerjasama Kemkominfo-Untirta

Diposting pada

Cilegon, FTUntirta- Program Fresh Graduate Academy (FGA) di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) resmi dibuka pada tanggal 19 Juli 2021 secara daring melalui aplikasi daring Zoom Meeting. pembukaan ini dibuka langsung oleh Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman Selaku rektor Untirta. Selain rektor Untirta acara pembukaan juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik Untirta Prof. Dr.-Ing. Ir. Asep Ridwan beserta jajarannya. tidak hanya dari pihak internal Untirta, acara pembukaan pelatihan FGA juga dihadiri oleh perwakilan dari pihak Kemkominfo yaitu Eyla Alivia Maranny, S.Kom, M.Sc selaku Kapokja FGA Digital Talent Scholarship (DTS) Kemkominfo dan Carmin, S.E, M.M selaku Anggota pokja FGA Digital Talent Scholarship (DTS). Program pelatihan yang di inisiasi oleh  Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) ini sudah membuka pendaftaran sejak tanggal 11 Juni sampai dengan 5 Juli 2021 melalui laman https://digitalent.kominfo.go.id/pelatihan/FGA

Program Fresh Graduate Academy (FGA) sendiri merupakan satu Akademi yang ditawarkan dari program beasiswa Digital Talent Scholarship, Kementerian Komunikasi dan Informatika. Di tahun 2021, FGA menawarkan lebih dari 20 tema pelatihan serta melibatkan mitra global technology companies, mitra perguruan tinggi serta mitra lokal edukasi teknologi. Program pelatihan pada FGA ditujukan bagi mahasiswa tingkat akhir maupun lulusan D3/D4/S1 yang belum bekerja. Penyelenggaraan pelatihan FGA dilakukan secara daring (online). Di akhir pelatihan, peserta akan diberikan pembekalan pasca pelatihan berupa pengembangan soft-skill. Di akhir pelatihan, peserta yang memenuhi ketentuan akan mendapatkan kesempatan mengikuti program sertifikasi industri sesuai dengan tema pelatihan yang diambil. Untuk di Untirta sendiri tema pelatihan yang ditawarkan yaitu Core System Administration oleh Red Hat Academy dan Microsoft Fundamentals: Azure, Data, Article Intelligence, Power Platform oleh Microsoft.

Sambutan pertama oleh Endang Suhendi, ST., M.Eng selaku ketua pelaksana FGA Untirta. dalam sambutan tersebut beliau melaporkan bahwa jumlah pendaftar Pelatihan FGA di Untirta ada sebanyak 65 orang peserta terdiri dari 46 orang. “dibanding tahun lalu, jumlah pendaftar di tahun ini mengalami peningkatan dan juga  tahun lalu kita hanya membuka 1 tema sedangkan tahun ini kita membuka 2 tema dibagi menjadi 3 kelas” ucap beliau. 

sambutan kedua oleh Prof. Dr.-Ing. Ir. Asep Ridwan selaku Dekan Fakultas Teknik Untirta. Menurut beliau pelatihan ini sangat mendukung visi Fakultas Teknik yaitu Terwujudnya Fakultas Teknik UNTIRTA yang UNGGUL, SMART, dan GREEN “hal ini sejalan dengan  visi dan misi fakultas teknik untuk menjadi fakultas yang unggul, smart, dan green di kawasan Asean tahun 2030” ucapnya. Beliau juga berpesan kepada para peserta bahwa pengajar yang ditugaskan oleh Fakultas Teknik adalah dosen-dosen yang berpengalaman dan berkompetensi dibidangnya. “selain mendapatkan ilmu, para peserta juga akan mendapatkan sertifikat kompetensi dibidang literasi digital dan nanti bisa dipergunakan didunia kerja” terang beliau.

sambutan ketiga disampaikan oleh Eyla Alivia Maranny, S.Kom, M.Sc selaku Kapokja Fresh Graduate Academy (FGA) Digital Talent Scholarship (DTS) Kemkominfo. dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat kepada para peserta pelatihan dan berharap para peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan sampai selesai. “kami juga sudah mengirimkan mekanisme pembelajaran kepada para peserta sehingga diharapkan para peserta dapat mengikuti pembelajaran dengan lancar.” ucapnya. Terakhir dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa terimakasih kepada Untirta atas kerjasama antara Untirta dan kekominfo dan siap mendukung untirta untuk kerjasama kerjasama dibidang pelatihan FGA di tahun berikutnya. 

Terakhir, acara resmi dibuka oleh Rektor Untirta. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan terimakasih atas kerjasama strategis yang sudah terbangun antara Kemkominfo dan Untirta serta bisa turut berkontribusi dalam memperkuat kompetensi penerus bangsa terkait dengan pemahaman perkembangan teknologi informasi. “ini merupakan amanah kepada untirta dan beberapa universitas mitra lainnya. untirta selalu siap menjadi mitra startegis pemerintah terutama dalam mendidik anak-anak bangsa.” ucap beliau.