Tim Matching Fund FT Untirta Resmi Luncurkan Aplikasi Bank Sandi

Diposting pada

FTUntirta, Cilegon – Pada hari Jum’at (11/03) lalu Tim Matching Fund FT Untirta yang diketuai oleh Dr. Rahmayetti, ST., MT resmi meluncurkan Aplikasi Bank Sampah Digital atau yang lebih dikenal dengan Bank Sandi. aplikasi ini diresmikan oleh Dekan Fakultas Teknik Untirta Prof. Dr. -Ing. Ir. Asep Ridwan, ST., MT., IPM dalam acara Sosialisasi pengolahan sampah & launching pembentukan unit bank sampah ke-1 di Fakultas Teknik Untirta secara Hybrid. Dr. Rahmayyeti selaku ketua tim dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa dengan adanya bank sampah di FT Untirta seluruh sivitas akademika FT Untirta dapat bekerjasama menyelesaikan permasalahan sampah khususnya di lingkungan kampus Fakultas Teknik Untirta. “Kami berharap baik dosen, tendik dan mahasiswa dapat saling bahu membahu menyelesaikan permasalahan sampah. Dengan adanya aplikasi ini kita berharap bapak/ibu bisa membiasakan diri melakukan pemilahan sampah, baik sampah rumah tangga atupun sampah pribadi di ruang kerja. Sampah  yang dipilah bisa disetorkan pada Bank Sampah guna meminimalisir sampah sampai ke TPA ” ucap beliau. Beliau juga mengatakan bahwa kedepannya aplikasi ini akan terus di sosialisasikan kepada seluruh lingkungan Untirta kemudian kelurahan kelurahan yang ada di kota Cilegon.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik juga memberikan apresiasinya pada program tersebut. “Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Walikota Cilegon dan kita juga sudah berdiskusi dengan Dinas Lingkungan Hidup kota Cilegon. Mudah mudahan kedepannya pengolahan sampah dapat terus berkembang khususnya yang berbasis Economy Sircular sehingga sampah yang bernilai ekonomis tidak terbuang percuma”  Ucap beliau. Beliau berharap aplikasi ini dapat melatih  kebiasaan dalam memilah sampah.

Untuk informasi, Sebelumnya aplikasi ini pernah diperkenalkan pada acara sosialisasi Pengolahan dan Pemilahan Sampah Plastik Terpadu Berbasis Circular Ekonomy serta Pelatihan Bank Sampah Digital (Bank Sandi) yang di ikuti oleh perwakilan warga dari seluruh kecamatan di kota cilegon. Acara ini dilangsungkan selama 4 hari dibagi menjadi 2 sesi per hari. Kegiatan tersebut sekaligus bertujuan untuk meningkatkan nilai guna sampah plastik sehingga mengurangi sampah plastik yang sampai ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Guna mewujudkan hal tersebut Tim Kedaireka Untirta yang diketuai oleh Dr. Rahmayetty yang bekerja sama dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk membuat aplikasi Bank Sampah Digital (Bank Sandi) yang mana melalui aplikasi ini masyarakat bisa menukar sampah bernilai tinggi dengan nilai rupiah yang akan tersimpan di akun Bank Sandi masing-masing pengguna dan bisa mencairkannya minimal transaksi Rp 100 ribu rupiah melalui Bank Sandi Unit Mitra terdekat. Aplikasi ini bisa diunduh melalui ponsel via Play Store bagi pengguna Android.

Bagi yang ingin mendaftar menjadi bank sampah unit bisa mendaftaran diri pada koordinator bank sampah FT Untirta, Endang Suhendi, ST., M.Eng.