BEM FT Untirta gelar Tirtayasa National Paper Competition (TNPC)

Diposting pada

Cilegon, FTUntirta – Baru baru ini Fakultas Teknik Untirta mengadakan lomba karya ilmiah tingkat nasional yang diikuti oleh Universitas dari seluruh indonesia. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (FT Untirta) melalui Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi menggelar Tirtayasa National Paper Competition (TNPC) secara Hybrid pada Minggu 27 Februari 2022 lalu.

TNPC sendiri merupakan ajang lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional untuk meningkatkan kemampuan riset mahasiswa Indonesia khususnya mahasiswa Untirta. Ajang kompetensi ini diikuti oleh berbagai tim dari Universitas di seluruh Indonesia diantaranya Universitas Gajah Mada dan Universitas Negeri Malang. Ketua Pelaksana TNPC, Ananda Hudaini Pratama mengatakan TNPC merupakan ajang lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional yang dilaksanakan guna meningkatkan kemampuan riset mahasiswa indonesia khususnya mahasiswa Untirta.

Kegiatan ini juga mendapatkan apresiasi dari Pihak Industri dan Pemerintah Khususya Wakil Gubernur Banten dan Walikota Cilegon. Wakil Gubernur Banten, H.Andika Hazrumy S.Sos.,M.AP. dalam sambutannya mengucapkan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada BEM FT Untirta atas terselenggaranya seminar nasional PNTP. “Saya berharap bahwa seminar nasional ini dapat berdampak terhadap meningkatnya perhatian dan kesadaran seluruh pemangku kepentingan dalam penggunaan sumber daya energi dan juga ekonomi yang ramah lingkungan yang mana di Banten ini memiliki 19 kawasan industri. Dengan adanya seminar ini diharapkan pengelolaan kawasan industri menuju eco industrial park dapat terwujud.  ” ucapnya.

Hal serupa juga dirasakan oleh Walikota Cilegon, H. Helldy Agustian, S.E., S.H., M.H.. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasinya. “Saya mengapresiasi dengan terselanggaranya Seminar Nasional TNPC dalam rangka peningkatan stabilitas ekonomi dalam konsep energi bersih, terbarukan dan energi hijau. Hal ini dapat merubah suatu permasalahan menjadi suatu solusi atau hasil sesuai harapan kita semua. Semoga ide ide kreatif yang dihasilkan dapat bermanfaat untuk kita semua” ucap beliau.

Untuk informasi tambahan, pada ajang ini Untirta berhasil meraih penghargaan diantaranya Juara 1 serta nominasi Best Presentasion yang diraih oleh tim BEM dengan judul “penetian Produksi Kitosan-Seng Oksida Nanokomposit sebagai Biocoating Agent pada Pengawetan Pisang” dan Juara 3 yang diraih oleh tim I’Am dengan judul penelitian “SOS Pemanfaatan Limbah Galvanis (Sengdross) Sebagai Seng Oksida Antibakteri dengan Menerapkan Teknologi Nanopartikel”.